Seperti Apakah Website Berkualitas Tinggi Yang Disukai Google Itu ?

Tujuan membuat website berkualitas tinggi yaitu untuk menciptakan sebuah website yang bisa sukses online dalam jangka waktu yang panjang. 

Baik itu anda menjalankan sebuah blog, website yang memuat konten campuran atau juga toko e-commerce, dan itu harus disajikan dalam penampilan yang berbeda dari ribuan website lain yang ada dalam waktu yang sama. 

Sebuah website yang berkulitas tinggi akan akan tumbuh dari waktu ke waktu baik dari segi pembaca setia maupun juga dalam istilah kepercayaan mesin pencari sehingga akan menghasilkan kesetaraan untuk mendapatkan lebih banyak kunjungan organik.

Para insinyur Google telah mencoba selama bertahun-tahun dalam membuat algoritma milik mereka menjadi lebih baik dan lebih pintar dengan tujuan untuk mengindentifikasi peringkat website yang mempuyai kualitas tinggi. 

Dan ini bukan suatu tugas yang mudah dimana dalam memutuskan segala sesuatu dengan mengandalkan program komputer dan bukan dilakukan secara manual oleh manusia. 

Namun dengan diperkenalkannya 'Panda' telah menghasilkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut dan tampaknya berjalan dengan baik. 

Perubahan algoritmik dari 'Panda' telah membuahkan hasil yang baik dalam mengindentifikasi website mana yang lebih baik dari website yang lainnya dan pantas untuk ditempatkan dalam posisi teratas.

Dalam artikel kali ini tidak akan membahas tentang Panda, tapi saya dapat memberikan link terkait jika anda tertarik untuk mengetahui nya dengan mengklik tautan ini. 

Apa yang akan saya jelaskan di bawah ini adalah tentang penilaian Google dalam menganggap sebuah website berkualitas tinggi dan yang paling penting yang dapat anda lakukan dalah melakukan tindakan praktis untuk membuat properti website anda sesuai dengan standar Google. 

Dan jangan lupa bahwa jika sebuah website dianggap berkualitas tinggi oleh Google, maka akan dianggap seperti itu juga oleh mesin pencari yang lainnya, karena standar Google lebih ketat daripada Bing atau Yahoo.

Seperti Apakah Website Berkualitas Tinggi Yang Disukai Google Itu

Seperto Apa website yang berkualitas tinggi ?


Selama bertahun-tahun seluruh industri SEO berbicara tentang perlunya menghasilkan konten berkualitas tinggi dan akhirnya muncul sebuah kutipan dari para pakar tersebut ' Konten adalah Raja' yang berarti bahwa konten adalah faktor penentu keberhasilan sebuah web.

Meskipun hal ini benar, apakah itu berarti website dengan konten yang baik juga merupakan website yang berkualitas tinggi? Jawabannya adalah TIDAK, konten yang baik tidak cukup menopang sebuah website. 

Ini adalah hanya salah satu faktor ( yang paling penting ) yang membedakan rendah atau tinggi nya kualitas site tetapi dengan hanya mengandalkan konten yang baik tidak akan menyelesaikan permasalahan tentang apa yang dianggap oleh Google sebagai website berkualitas tinggi.

Sebuah website berkualitas tinggi memiliki karakteristik sebagai berikut :

Konten unik -  maksudnya dalam situsnya sendiri memiliki konten unik (yaitu setiap halaman memiliki konten yang unik dan tidak sama dengan halaman yang lain) yang menjadi pembeda bila dibandingkan dengan website lain.

Keahlian - Konten dibuat oleh para ahli dibidangnya masing-masing berdasarkan penelitian atau pengalaman. Jika misalnya terkait subjek kesehatan, maka saran yang harus disediakan oleh orang yang mempunyai keahlian yang profesional yang dapat memberikan saran untuk topik tertentu.

Konten berbobot - Konten yang rinci dan menggambarkan topik cerita dan tidak mempromosikan produk atau layanan.

Aksesibilitas -  Sebuah website yang berkualitas tinggi memiliki versi untuk pengguna non PC juga. Sangat penting sekali untuk memperhatikan pengguna ponsel dan tablet dalam mengakses website tanpa adanya masalah.

Kegunaan  -  atau usability, dapatkah pengguna menavigasi website dengan mudah ; apakah website user friendly ?

Memperhatikan detail - Konten mudah dibaca dengan gambar (jika ada) dan terhindar dari kesalahan ejaan dan tata bahasa. Apakan pemilik situs peduli pada apa yang dipublikasikan di website miliknya atau bertujuan memiliki konten untuk beriklan?

Optimasi - Mengoptimalkan website untuk search engine memiliki banyak manfaat , tetapi yang penting untuk tidak berlebihan. 

Sebuah website yang berkualitas baik harus memiliki konten yang tidak dioptimalkan juga. Ini adalah pendapat saya dan meskipun beberapa orang tidak setuju itu adalah fakta bahwa optimasi yang berlebihan kadang-kadang dapat menghasilkan hasil yang berlawanan

Alasannya adalah, bahwa algoritma kadang-kadang menafsirkan optimasi yang berlebihan adalah sebagai upaya untuk mempermainkan sistem dan mereka dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah hal itu terjadi.

Menyeimbangkan antara konten dan iklan - Ini bukan lah sesuatu yang buruk jika sebuah website memiliki iklan atau promosi, tetapi ini seharusnya tidak mengalihkan pengguna dalam menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Kecepatan - Sebuah website berkualitas tinggi memiliki loading yang cepat. Sebuah website yang cepat akan memberikan peringkat yang lebih tinggi dan juga dapat menciptakan lebih banyak konvensi, penjualan dan pembaca setia
.
Sosial - Media sosial telah mengubah kehidupan kita, tepatnya dalam cara kita berkomunikasi dan juga cara kita menilai kualitas. 

Itu dapat diterapkan kepada produk yang baik harus memiliki ulasan yang baik, facebook like, dan tweet. Sebelum anda membuat keputusan untuk membeli atau tidak, anda dapat memeriksa faktor-faktor sosial juga. Dan ini juga yang diharapkan dari sebuah website yang baik untuk bisa diterima dalam komunitas sosial dan diakui dengan ditandai memiliki fans facebook, pelanggan RSS, dll.

User Engagement dan interaksi - Pengguna menghabiskan cukup waktu di website dan membaca lebih dari satu halaman sebelum mereka memutuskan untuk meninggalkan website. Perhatikan interaksi mereka terhadap konten, apakah membuat komentar, memuat saran, melakukan percakapan, dll?

kompetisi - Ketika anda mengambil kata kunci tertentu, apakah website milik anda lebih baik dari pesaing anda? apakah itu layak menjadikan website anda diposisi teratas jika dinilai secara bias?

Bagaimana membuat website berkualitas tinggi?



Dengan mempertimbangkan karakteristik yang diuraikan diatas dari sebuah website berkualitas tinggi, bagaimana cara menerapkannya dalam praktek? 

Apa yang dapat anda lakukan hari ini untuk meningkatkan kualitas dan Google percaya terhadap website anda

Periksa website anda untuk keunikan konten - Pastikan bahwa anda memiliki konten unik disemua halaman. (Saya mengunakan Copyscape untuk memeriksa semua konten sebelum penerbitan untuk memastikan bahwa itu adalah unik).

Periksa halaman yang ada dan jika anda menemukan duplikat konten lebih baik menghapusnya atau de-indeks. Jika anda memiliki halaman dengan isi yang serupa lebih baik digabungkan menjadi satu dan mengarahkan halaman dengan  pengalihan 301.

Menerapkan Google Authorship -  Anda harus menerapkannya untuk setiap penerbitan atau posting. Masing-masing atau setiap halaman website anda harus 'milik' untuk seorang penulis yang diverifikasi

Cek di mobile - Anda harus menyediakan kedua mobile version dan native apps, karena user experience dari pembaca sangat penting terlepas dari platform apa yang mereka gunakan.

Merapikan konten - Periksa semua artikel / halaman untuk mengecek kesalahan ejaan dan tata bahasa. Melakukan penempatan yang benar dalam penggunaan dari format tag, yaitu H1, H2, dan cetak tebal. 

Gunakan paragraf kecil untuk membuat membaca lebih mudah dan menambahkan gambar, ilustrasi atau infografis untuk membuat konten anda menarik dan lebih menarik lagi.

Cari tahu apa yang pembaca inginkan - Gunakan Google keyword tool untuk mencari tahu apa yang dicari orang dan memberikan kepada mereka isi yang mereka inginkan tapi selalu menghindari optimasi yang berlebihan. 

Anda dapat menulis keyword di seputar konten dan cobalah untuk membuat postingan anda baik di media sosial juga. Hindari penggunaan judul yang dioptimasi terus menerus, tapi menjaga keseimbangan antara konten yang dioptimalkan dan yang tidak dioptimalkan.

Minimalkan jumlah iklan yang menggulung - Google menghukum website yang memiliki terlalu banyak iklan di atas flip. Ini juga tidak baik untuk user experience, jika anda memiliki konten yang baik, iklan dibawah flip dan pada akhir artikel juga dapat dilakukan dengan baik.

Website anda mempunyai loading yang cepat - Periksa website anda dengan page speed tool dan pastikan itu dapat memuat secepat mungkin. Saya tahu bahwa itu bukan lah suatu pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, tetapi sangat penting.

Memaksimalkan sosial media milik anda - Apakah anda memiliki halaman facebook, akun tweeter, halaman pinterest dan Google +? Jika tidak punya berarti anda menghilangkan kesempatan baik.

Baca postingan saya tentang SEO meningkatkan kepopuleran profil media sosial anda, yaitu tentang cara menjadi terkenal dengan profil media sosial anda.

Periksa tingkat bounce rate anda - Salah satu yang anda butuhkan adalah dengan memonitor, sebagai mana dijelaskan dalam  Laporan terbaik google Analytics untuk pemula perihal bounce rate, yaitu persentase orang yang meninggalkan website anda tanpa melihat halaman lain di website anda. 

Dengan tujuan untuk melihat tingkat bounce rate yang rendah, maka lakukan pengecekan dengan analytics dan identifikasi halaman mana yang mempunyai tingkat bouncing yang tinggi dan lakukan tindakan perbaikan. 

Meskipun secara resmi Matt Cutts ( kepala tim kualitas Google) mengatakan bahwa bounce rate bukanlah faktor peringkat, tetapi dengan memperhatikan hal ini tentunya faktor yang dapat membantu anda membuat wbsite yang berkualitas baik.

Periksa persaingan anda - Ketika seseorang mengeluh kepada Google perihal rangking website nya yang tidak kunjung tinggi sebagaimana mestinya, mereka kadang membalas seperti ini : "Give as examples of how your web site is better than the web sites we have in the top positions". 

Dengan kata lain apa yang mereka sampaikan adalah untuk menyuruh pergi dan memeriksa website pesaing anda dan mencoba untuk membuat situs konten dan web anda lebih baik lagi! 

Tidak ada yang salah dengan itu, sebenarnya ini adalah sesuatu yang mesti anda lakukan sebelum membuat konten anda. Apa yang saya lakukan sebelum menulis artikel adalah dengan melakukan pencarian di Google dengan menggunakan kata kunci yang akan saya gunakan di artikel dan kemudian melihat pada website di halaman pertama. 

Saya akan memeriksa hal-hal seperti panjang konten, otoritas website, otoritas penulis, dan mencoba untuk membuat konten saya lebih baik dan lebih bermanfaat.

Menjaga website anda tetap sehat dan bebas spam - Terakhir tapi bukan yang paling akhir, Sebuah website yang berkualitas tinggi adalah spam gratis. 

Salah satu kesalahan yang dibuat oleh website yang besar ( misal online news), mereka tidak memoderasi komentar yang masuk dihalaman artikel mereka, akibatnya anda bisa melihat satu ton komentar dibawah artikel mereka yang tidak memberikan user experience yang baik. 

Sebagai aturan praktis yang anda butuhkan untuk menjaga website anda adalah dengan up to date dalam hal pembaruan perangkat lunak dan untuk memantau dan menghapus spam komentar.


Saya yakin bahwa ada lebih banyak karakteristik yang membedakan website yang baik terlepas dari pembahasan diatas. Dan minimal kita membuat website yang dapat dipercaya oleh Google dan dianggap berkualitas tinggi.


Apa pendapat anda  Seperti apa website berkualitas tinggi yang disukai Google ?

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Seperti Apakah Website Berkualitas Tinggi Yang Disukai Google Itu ?"

Posting Komentar