Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Suatu Website Atau Blog Di Google ( Google Ranking Faktor )

Faktor apa sajakah yang dibutuhkan untuk mendapatkan ranking yang bagus di Google dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mendapatkan salah satu posisi teratas di search engine?

Sama sekali tidak ada formula ajaib untuk mendapatkan hal ini dan tidak akan ada orang yang mampu memastikan berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk bisa tampil di halaman pertama di search engine. 

Namun di sini saya hanya memberikan gambaran beberapa faktor yang memainkan peranan penting untuk mencapai hal tersebut 

Yang mana jika kita lakukan secara benar, maka kita akan bisa mendapatkan peringkat yang bagus di pencarian google

Berikut Faktor-faktor yang mempengaruhi waktu sebuah website, blog dan postingan untuk mendapatkan peringkat di search engines google : 

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Suatu Website Atau Blog Di Google

Google telah berulang kali mengatakan bahwa lebih dari 200 faktor yang mempengaruhi ranking algoritma mereka, tapi dari 200 itu sebenarnya ada beberapa yang paling penting yakni:

Usia Domain. Sebuah website yang sudah tua dan terpercaya akan memungkinkan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian Google dari pada sebuah website yang baru. 

Asalkan faktor-faktor yang mempengaruhinya sama dan bukan berarti sebuah website baru tidak dapat bertengger di posisi teratas dalam hasil pencarian, hanya membutuhkan lebih banyak waktu untuk pencapaian tersebut.

Sebuah domain dianggap baru saat mulai aktif (dalam artian tidak diparkir) kurang dari 6 bulan. 

Setelah periode 6 bulan anda mulai mendapatkan traffic yang serius dari search engine. Tetapi banyak dari webmaster yang mampu mendatangkan visitor hingga mencapai ratusan ribu hanya dalam waktu sebulan dan ini akan sangat menarik jika dijadikan topik pembahasan dalam artikel yang lain.

Domain bersih. Maksud nya adalah sebuah website yang belum pernah mendapatkan sanksi dari Google baik penalti manual atau algoritmik. Hal ini adalah faktor yang sangat mendukung dalam upaya mendapatkan ranking yang baik.

Bagaimana anda tahu jika domain anda bersih? Ada dua cara untuk mengetahuinya :

Login ke Google Webmaster Tool, Klik website dan masuk ke dashboard kemudian pilih "manual actions"  dari search  traffic menu. Jika tidak menemukan pesan " no manual webspam actions found" itu menandakan website tidak mendapatkan penalti manual.

Untuk memeriksa penalti algoritmik adalah dengan cara login ke Google Analytics (bisa juga di tool analisis yang lain) dan lihat di traffic sources report. Pilih Google sebagai traffic sources dan atur rentang tanggal dari awal tahun. 

Jika anda menemukan perubahan drastis dalam traffic, maka anda perlu membandingkan pada tanggal tersebut dengan Google algorithm change history. Jika anda melihat hubungan antara tanggal saat anda kehilangan lalu lintas disaat google melakukan perubahan pada tanggal tersebut, maka sudah dapat dipastikan bahwa website anda mendapatkan hukuman.

Keyword yang dipilih. Ada persaingan yang kuat terutama untuk kata kunci yang sangat populer, jadi anda perlu selektif dalam memilih kata kunci yang akan digunakan untuk bersaing dangan kompetitor anda.

Jika anda mengikuti menggunakan kata kunci yang populer, dan anda percaya dapat bersaing untuk mendapatkan lalu lintas, kemungkinan besar anda akan kalah bersaing kecuali anda mempunyai sebuah website berkulitas tinggi dan terpercaya.

Mulai lah melakukan riset keyword dengan persaingan yang rendah sampai anda mendapatkan peringkat yang lebih baik dan kemudian mencoba untuk menargetkan kata kunci populer.

Google Authorship. Ini adalah salah satu faktor yang perlu anda perhatikan. Google tidak secara resmi menyatakan bahwa author rank adalah penting, tapi besar kemungkinan hal tersebut akan menjadi hal yang sangat berperan pada masa yang akan datang.

Jenis konten. Faktor lain yang mempengaruhi berapa waktu yang dibutuhkan untuk Google Rank adalah jenis konten. Jika anda mempublikasikan berita perang di timur tengah kemungkinan akan mendapatkan peringkat yang cepat di search engine dari pada anda mempublikasikan cara berternak lele di kolam.

Pemilihan Judul. Memiliki judul yang dioptimalkan dengan SEO sangat penting untuk dilakukan. Cara nya memilih judul dengan menggunakan keyword tool. Dan perlu ditegaskan bahwa memiliki judul yang SEO akan mudah mendapatkan ranking dari pada judul yang tidak dioptimalkan.

Jika anda seorang blogger atau webmaster dengan sebuah website yang relatif baru dengan profil penulis yang tidak begitu kuat dan hanya memiliki beberapa backlink ke website anda, bahkan jika anda menulis dengan konten terbaik tetapi memilih judul yang salah, maka hasilnya adalah anda tidak akan mendapatkan peringkat apa-apa, setidaknya dalam jangka waktu dekat.

Kesalahan saya beberapa minggu kebelakang (pada saat menulis artikel ini, usia blog saya belum genap sebulan) adalah kurang memperhatikan judul yang saya buat. Dan hal tersebut sebaiknya jangan terjadi kepada anda, karena jangan harap melihat website anda berada dihalaman pertama jika anda tidak mengoptimalkan judul yang anda buat.

Lebih baik selektif dalam mengambil judul jika ingin mendapatkan peringkat dalam waktu yang relatif cepat, karena judul yang tidak dioptimalkan dari sebuah blog atau website yang belum kuat akan sangat berpengaruh terhadap ranking website anda.

Panjang konten. Memiliki konten yang panjang bukan lah salah faktor yang mendukung peringkat sebuah website, tetapi dengan memiliki konten yang panjang dengan pembahasan yang lebih detail dalam satu topik akan lebih berpeluang untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dari pada konten pendek dengan topik pembahasan yang sama. 

Jumlah posting. Ini terkait dengan usia domain dan author sang penulis seperti yang dijelaskan diatas. Posting yang diterbitkan oleh sebuah website yang sudah memiliki sejumlah postingan yang berkualitas akan mudah mendapatkan ranking yang lebih cepat dari artikel yang diterbitkan oleh website tersebut.

Konten asli. Masalah besar jika anda menerbitkan konten yang tidak original dan jangan berharap mendapatkan peringkat di Google atau di mesin pencari lainnya.

SEO. Penting untuk melakukan on page SEO dan off page SEO, tidak hanya untuk peringkat postingan tapi juga berpengaruh terhadap berapa lama waktu yang dibutuhkan sebuah website baru untuk mendapatkan peringkat di search engine.

Referensi eksternal (link). Sebuah postingan baru atau halaman yang memiliki sejumlah link alami karena dianggap bahwa postingan tersebut penting bagi orang lain, link tersebut akan sangat berguna dan sangat berharga untuk menaikan SERPs lebih cepat.

Seberapa sering mempublikasikan konten baru. Frekuensi menerbitkan konten baru akan mempengaruhi waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan peringkat di search engine. 

Jika misalnya anda mempublikasikan konten baru 2-3 kali dalam seminggu maka kemungkinan konten anda akan di indeks dengan segera. Dan perlu dicatat bahwa pengindeksan bukan berarti sebuah peringkat, tapi itu adalah proses awal untuk mendapatkan peringkat.


Apa yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di Google?

Selain hal-hal diatas yang sudah saya uraikan, anda dapat mengikuti tips berikut ini :

Kesabaran. Sabar adalah faktor yang sangat penting bagi anda jika ingin memperoleh kesuksesan online. 

Karena search engine diatur oleh peringkat algoritma yang sangat kompleks, mereka memiliki data yang sangat besar untuk dikelola, persaingan yang sangat tinggi dan perlu waktu untuk meyakinkan mereka bahwa anda layak mendapatkan salah satu posisi teratas dalam peringkat mereka.

Terus melakukan update konten yang berkualitas dan asli. Jangan pantang menyerah dan terus berusaha. Jika anda tidak melakukan apapun, jelas itu sebuah masalah. Perlu ketekunan disertai kualitas kerja yang baik untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Promosi di media sosial. Sambil menunggu Google menemukan dan mengenali pekerjaan baik anda, lebih baik beralih dulu ke media sosial untuk mendapatkan eksposur dan visibilitas. 

Untuk sementara waktu lupakan google. Jangan terobsesi dengan Google karena ini akan membuat anda melakukan kesalahan. 

Bukan hanya memeriksa statistik website anda berkali-kali dalam sehari tapi untuk sementara berkonsentrasi melakukan cara-cara lain untuk mendapatkan traffic ke website. 

Ini akan membantu anda untuk mengurangi kebergantungan terhadap Google tetapi juga akan mendiversifikasi lalu lintas dan sumber penghasilan anda jika ingin membangun sebuah eksistansi online yang solid.


Kesimpulan

Dibutuhkan waktu untuk mendapatkan peringkat di Google. Jika anda baru memulai sebuah blog atau website sekarang, dibutuhkan waktu hingga 3-4 bulan sampai anda mendapatkan kunjungan yang baik dari Google. Setelah 6-7 bulan jika anda bekerja dengan arah yang benar, anda akan mendapatkan lalu lintas yang lebih serius dari Google dan mesin pencari yang lain.


Jika anda mendapatkan hasil yang kurang baik dalam bulan-bulan pertama, jangan menyerah dan terus mencoba dengan menggunakan teknik white hat SEO dan cepat atau lambat anda akan mendapatkan lalu lintas yang pantas dari Google.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Suatu Website Atau Blog Di Google ( Google Ranking Faktor )"

Posting Komentar