Mengenal 5 Strategi Pemasaran Online Untuk Menunjang Perkembangan Bisnis Dengan Cepat

Pada dasarnya, strategi pemasaran online dengan strategi pemasaran tradisional mempunyai tujuan yang sama, yaitu mengenalkan produk dan menjaring banyak pelanggan untuk perusahaan tertentu. 

Hanya saja pemasaran digital memiliki sejumlah komponen yang mencakup setiap aspek yang lebih mengarah terhadap promosi secara online dari pembuatan konten untuk pengiriman dan penjualan. 

Sedangkan pemasaran tradisional masih mengandalkan cara-cara lama yang saat ini sudah banyak di tinggalkan oleh para pelaku bisnis, karena terbukti kurang begitu efektif dengan jangkauan yang terbatas

Berbeda dengan strategi pemasaran online

Saat ini tengah menjadi primadona, karena terbukti memiliki jangkau yang sangat luas serta sangat efekt sebagai sarana pemasaran karena bisa kita arahkan untuk mencara target promosi yang benar benar potensial dan bisa menunjang keberhasilan usaha kita

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas 5 macam contoh strategi pemasaran online yang umum di gunakan saat ini

Semoga bisa membantu kita dalam mengembangkan bisnis kita kedepannya

strategi pemasaran

1. Search Engine Marketing (SEM)


Search Engine Marketing (SEM) adalah sebuah strategi internet marketing yang melibatkan promosi website dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas di SERPs search engine seperti google, yahoo, yandec bing dll. 

Jenis strategi pemasaran ini mempunyai dua komponen utama yang menunjang keberhasilan dalam SEM, yaitu SEO dan PSA (Paid Search Advertising). 

Dimana SEO akan membantu anda mendapatkan kunjungan organik dari mesin pencari sementara PSA bisa mendapatkan lalu lintas pencarian, tetapi anda harus membayar.

Seiring waktu, SEM lebih dikenal dengan istilah PSA artinya merujuk pada kegiatan SEM yang paling umum kita kenal seperti : iklan pencarian berbayar, cpc,cpm dan ppc. Anda dapat melakukannya di Adwords, Bing Ads, atau juga Facebook ads.

Dengan SEM berarti peluang keberhasilan dari pemasaran online akan terbuka lebar karena kita akan mendapatkan kunjungan dari mesin pencari baik kunjungan organik ataupun dari PSA yang telah kita targetkan.

2. Mobile Marketing


Pemasaran melalui perangkat mobile menjadi perhatian yang serius, karena pada dewasa ini penggunaan ponsel dijadikan sarana untuk melakukan pencarian pada search engine baik untuk mencari produk, jasa, atau melakukan pembelian online.

Pastikan anda memahami perbedaan website mobile friendly dan native app, karena bagaimanapun anda harus memperhatikan kepuasan pengguna (user experience) pada saat mengakses website anda. 

Dan alangkah baik nya jika anda membuat native app dan menawarkannya kepada user untuk mendownload (iTune store, Google play, Amazone store, Windows store) dan menginstal pada perangkat mereka.

Jika anda pengguna BBM, sering kita temukan iklan-iklan dari website-website besar yang melakukan kegiatan penjualan online yang menawarkan pengguna BBM untuk mendowload dan menginstal native app untuk website mereka. 

Anda juga dapat meniru langkah mereka dan jika  mempunyai kendala dalam membuat native app maka anda perlu menyewa pengembang aplikasi.

3. Konten Pemasaran


Konten marketing merupakan jantung dari pemasaran digital dalam setiap melakukan kampanye produk. 

Untuk menciptakan konten yang spektakuler baik itu artikel, video atau gambar, cobalah untuk berpikir bagaimana konten tersebut akan berguna untuk pembaca atau pelanggan anda. 

Jangan sekedar membuat konten untuk mengejar jadwal penerbitan atau hanya untuk memenuhi hasrat anda untuk mempublikasikan sesuatu yang anda ingin dipublikasikan tanpa memperhatikan kualitas konten itu sendiri. 

Jadi lebih baik memiliki konten yang berkualitas walau dalam jumlah yang sedikit daripada mempunyai banyak konten tapi kurang berkualitas.


4. Pemasaran Sosial Media


Sosial media marketing merupakan langkah pemasaran selanjutnya ketika anda sudah memiliki konten yang berkualitas. 

Jadi saatnya bagi anda untuk menyebarkan berita yang dirancang dengan baik lewat media sosial dengan tujuan untuk mendapatkan perhatian dari pengguna jejaring sosial terkait produk yang anda pasarkan yang dikemas dalam sebuah konten yang sudah anda buat sebelumnya. 

Disamping itu juga bertujuan untuk mendapatkan pengunjung lewat media sosial yang akhirnya bisa dikonversi menjadi pelanggan anda.

Anda perlu membangun jaringan yang luas di media sosial sehingga kehadiran anda pada Facebook, Google+, Twitter, atau Pinterest akan menguntung strategi pemasaran yang sedang anda lakukan. 

Anda bisa memulainya dengan melakukan berbagi konten secara teratur dengan melibatkan orang-orang yang tertarik kepada website, produk atau merek anda.

Melakukan itu semua bukanlah proses yang mudah dan akan memakan waktu untuk berkampanye di media sosial. Tetapi walaupun demikian, itu merupakan bagian dari strategi pemasaran online jadi anda harus melakukanya juga.

5. Strategi lokal SEO


Lokal SEO difokuskan pada penyediaan hasil yang relevan bagi pencari berdasarkan lokasi mereka saat itu. Misalnya saya akan mencari "service komputer" di Google.

Strategi Lokal SEO

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, Google akan menampilkan hasil pencarian tempat service handphone yang terdekat dengan posisi saya saat ini.

Lokal SEO suatu keharusan bagi setiap perusahaan yang memiliki alamat fisik, entah itu anda seorang dokter, toko elektronik, montir, ataupun pengecer, lokal SEO dapat membantu anda menemukan lebih banyak pelanggan.

Ketika anda mencari longtail keyword dengan menambahkan lokasi pada kueri (misalnya, service handphone), itu tandanya anda menginginkan website anda muncul di posisi teratas.

Google Places For Business. Anda dapat mengklaim Google Places untuk halaman bisnis anda. Pastikan anda mengisi informasi kontak anda, jam buka, alamat dan rincian kontak yang lainnya. 

Dengan ini berarti anda menginformasikan kategori website anda kepada Google agar lebih memahami topik bisnis anda dan menciptakan sinyal bahwa anda berhubungan dengan setiap pencarian lokal tentang bisnis yang anda jalankan.

Google+ lokal. Setelah anda mempunyai halaman lokal Google bisnis, selanjutnya anda perlu menghubungkannya dengan Google+ lokal. Pada halaman ini lebih terfokus pada interaksi sosial, dimana anda dapat meminta pelanggan anda untuk review Google+ page anda yang akan ditampilkan pada halaman Google+ lokal, Google Map, dan hasil pencarian Google.


Kesimpulan :


Usaha kecil akan sukses jika mempunyai strategi pemasaran online. Hal pertama yang anda lakukan adalah membuat sebuah website kemudian melakukan optimasi untuk mesin pencari. 

Kemudian anda perlu meningkatkan delivery channel anda melalui perangkat mobile. Setelah itu anda perlu meninjau kembali strategi konten anda dan memastikan bahwa konten anda itu bagus untuk mendukung kampanye online. Sejalan dengan itu, anda juga perlu melakukan pemasaran melalui media sosial yang akan membantu mendorong visibilitas konten anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal 5 Strategi Pemasaran Online Untuk Menunjang Perkembangan Bisnis Dengan Cepat"

Posting Komentar