Memulai Pasang Iklan di Internet Untuk Keperluan Bisnis

Besarnya jumlah pengguna internet di Indonesia tentunya membuka banyak peluang bagi kita untuk mendapatkan manfaat dari sana. Dengan jumlah pengguna internet yang mencapai seratusan juta lebih maka bisa dibilang Indonesia merupakan pasar yang memiliki potensi cukup besar. Sehingga tidaklah mengherankan jika pemain pemain besar seperti alibaba, taobao dan lain lain mulai masuk ke pasar Indonesia baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Alibaba misalnay sudah mulai masuk dengan membeli lazada serta menanam modal pada tokopedia.

Meskipun para pemain besar dengan uang yang nyaris tak berseri sudah masuk ke Indonesia namun kita kita yang hanya mempunyai modal terbatas juga masih mempunyai peluang untuk mendapatkan bagian. Ya selama kita bisa dengan jeli memanfaatkan peluang dan keadaan. Jika pelaku bisnis bisnis online besar biasanya relatif jor joran dalam membelanjakan uangnya untuk iklan maka kita bisa menggunakan metode lainnya yang cocok untuk kondisi keuangan kita. Kita bisa menaklukan paling tidak pasar lokal daerah kita dengan seo atau kalaupun kita memutuskan untuk menggunakan cara yang berbayar maka kita bisa pasang iklan murah atau bahkan gratis di berbagai media yang ada.

Untuk pasang iklan gratis kita bisa melakukannya dengan memanfaatkan beberapa website iklan baris gratis di internet yang saat ini masih ada. Atau kita bisa juga melakukan listing di marketplace marketplace yang ada. Sedangkan untuk beriklan yang berbayar kita bisa menggunakan facebook ads, google adwords atau menggunakan iklan PPC dan CPM. Namun jika kita beriklan berbayar maka sebaiknya pertimbangkan juga beberapa hal mulai dari target market kita, budget hingga keefektifan dari iklan tadi.

Mengenai paang iklan PPC murah kita bisa melakukannya lewat beberapa penyedia layanan yang ada di Indonesia jika kita memang membidik pangsa lokal. Misalnya saja kita bisa pasang iklan murah di zoteromedia.com atau bisa juga lewat kumpulblogger. Di kedua layanan tersebut nilai perkliknya relatif flat jadi antara satu keyword dengan keyword lainnya nilai perkliknya relatif sama. Hal ini berbeda dengan jika kita beriklan lewat google ads dimana di google nilai perklik antara keyword yang satu dengan yang lain berbeda. Sehinga jika kita berklan lewat google ads antara beriklan jualan sapu dengan jualan baju harga per kliknya bisa saja berbeda. Dan di google ads juga ada yang namanya HPK atau hgh paying keyword yakni keyword atau kata kunci dengan nilai perklik yang tinggi.

Comments

Popular posts from this blog

VPS Linux Murah Domainesia