Cara Merawat Luka yang Benar



Luka lecet adalah salah satu jenis luka terbuka yang biasa terjadi pada permukaan luar kulit. Meskipun lukanya tak separah luka sayat, luka lecet yang tidak segera ditangani juga sejatinya bisa saja menimbulkan infeksi dan bahkan bisa meninggalkan bekas luka pada kulit. Untuk itu perlunya anda memahami tentang cara bagaimana cara melakukan pertolongan pertama pada luka lecet ini dengan benar, agar bisa diobati dengan baik. Adapun cara pertolongan pertama tersebut  adalah sebagai berikut :
  1. Hal pertama yang harus anda lakukan pada luka anda yaitu adalah tentunya dengan membersihkan luka dari kotoran yang kemungkinan masih menempel pada bagian tubuh yang luka tersebut. Cara membersihkannya pun cukup mudah yaitu dengan menggunakan air yang mengalir, atau juga bisa dibersihkan dengan menggunakan cairan antiseptic hingga sampai dirasa bersih.
  2. Setelah luka dibersihkan, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengoleskan antibiotic pada bagian tubuh yang luka, agar bisa membuat luka tetap lembab sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan luka serta juga bisa mencegah terjadinya infeksi.
  3. Tutup luka dengan menggunakan kasa steril ataupun bisa juga dengan menggunakan plester luka Hansaplast yang lembut di kulit, dan juga bisa diganti setiap hari jika dirasa sudah tidak merekat dengan baik. 
  4. Jika luka lecet yang anda derita terasa sangat sakit tak tertahankan dan juga berukuran cukup besar, maka anda mengatasinya dengan mengkonsumsi analgesic.
  5. Sebisa mungkin hindari luka dari kontak sinar matahari secara langsung, untuk mencegah hiperpigmentasi permanen.
  6. Hindari mengoleskan salep ataupun bahan lainnya selain obat luka kecuali sudah dianjurkan oleh dokter.
  7. Jika terdapat memar ataupun bengkak, maka kompres dengan menggunakan es

Namun perlu anda ketahui juga bahwa waktu untuk penyembuhan pertolongan pertama dengan merawat luka lecet ini, selalu berbeda dari setiap orang. Hal ini dikarenakan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti diantaranya :
  • faktor usia
  • penyakit yang diderita
  • malnutrisi
  • suhu dan cuaca tempat tinggal
  • sistem kekebalan tubuh
  • infeksi pada luka
  • faktor perokok
  • pengguna obat-obatan terlarang
  • dan lain sebagainya.


Comments

Popular posts from this blog

Kelebihan Sabun Muka Nivea Men yang Wajib Diketahui

Harga Motor Balap Yamaha Tahun Ini

Inilah Fitur Fitur Unggulan Oppo A9 2020