Langkah Merawat Genset Diesel


Genset diesel merupakan mesin genset yang paling banyak dipakai di Indonesia. Dengan performa yang andal, mesin ini terkenal paling bandel dan awet. Itu sebabnya banyak perusahaan, hotel, maupun pabrik memilih genset jenis ini.

Tak hanya itu, perawatan genset diesel juga lebih praktis. Keunggulan lainnya adalah bahan bakar yang lebih murah sehingga biaya operasional genset ini pun bisa lebih hemat.

Kemampuan mesin genset diesel sudah terbukti bisa digunakan berjam-jam tanpa banyak rewel. Untuk melakukan pemeliharaan genset juga tinggal mengikuti jadwal perawatan yang sudah tercantum pada manual genset.

Selain melakukan service genset, inspeksi secara rutin juga penting. Pemantauan itu dilakukan untuk mengetahui sistem pembuangan, sistem bahan bakar, sistem listrik, dan mesin bisa berjalan dengan baik. 

Karena itu biasanya di perusahaan sewa genset juga menerapkan pemantauan ketat terhadap setiap mesin genset. Service genset secara rutin juga dilakukan untuk memastikan mesin ini bisa bekerja dengan optimal.

Berikut ini bebrapa hal yang biasa dilakukan oleh jasa sewa genset untuk memastikan mesin diesel bisa terus beroperasi dengan baik

1. Mengecek Pelumasan
Oli mesin harus diperiksa dengan teratur. Ini untuk memastikan nantinya mesin bisa beroperasi dengan baik. 

2.Sistem Pendingin
Saat melakukan service genset, juga diperiksa pada bagian pendinginan. Biasanya langsung yang dilakukan adalah dengan membuka tutup radiator kemudian membiarkan mesin menjadi dingin. Jika perlu, bisa ditambahkan pendingin sampai level 3/4. 

Kalau mesin diesel ini sering dioperasikan juga perlu tambahan pendingin agar nantinya bisa seimbang. Di samping itu juga bisa mengecek pada bagian luar radiator dan membersihkan semua kotoran yang menempel. Hal ini bisa dilakukan dengan memakai sikat atau kain lembut.

3. Sistem Bahan Bakar
Diesel dapat mengalami kontaminasi dan korosi dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu perlu diperiksa pada bagian filter bahan bakar.

Itulah beberapa langkah yang menjadi standar operasional perusahaan sewa genset saat merawat mesin-mesin diesel yang dimilikinya. Dengan begitu, mesin pun bisa beroperasi secara optimal.Pemeliharaan dan service yang teratur menjadi kunci agar mesin genset diesel ini selalu awet. Karena itu jika di pabrik Anda memiliki mesin genset jenis diesel, disarankan selalu memperhatikan hal ini. 


Comments

Popular posts from this blog

Kelebihan Sabun Muka Nivea Men yang Wajib Diketahui

Harga Motor Balap Yamaha Tahun Ini

Inilah Fitur Fitur Unggulan Oppo A9 2020