Cegah Radang Tenggorokan saat Puasa dengan 4 Cara Ini

Jangan sampai kena radang tenggorokan saat puasa! Yuk, coba cegah dengan cara mudah berikut ini. 

Mungkin Anda sudah tahu bahwa cara untuk mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan adalah dengan banyak air putih. Pasalnya, radang tenggorokan akan bikin tenggorokan menjadi sangat kering bahkan nyeri. 

Bayangkan bila radang tenggorokan dialami saat puasa? Tentu sangat menyiksa, karena Anda tak bisa minum air putih. Untuk  r hal tersebut, dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter punya solusinya, yakni sebagai berikut. 

Hemat dalam Berbicara
Selain menjaga diri dari tutur bahasa yang tidak baik, membatasi diri berbicara juga berlaku sebagai pencegahan radang tenggorokan saat berpuasa. 

“Ingat, makin sering Anda berbicara, semakin kering juga kondisi di dalam tenggorokan.” jelasnya. Jadi, kalau tak perlu-perlu amat, jangan kebanyakan berbicara, ya!

Perhatikan Menu Sahur dan Berbuka
Salah memilih menu sahur dan berbuka puasa bisa menjadi penyebab terjadinya radang tenggorokan. Hindari makanan yang diolah dengan cara digoreng. Lalu, batasi pula makanan yang terlalu pedas, asam, dan bersuhu ekstrem (terlalu dingin atau terlalu panas). 

“Pada orang yang sensitif, minyak sisa menggoreng dan uap panasnya dapat mengiritasi tenggorokan.” tutur dokter yang biasa dipanggil dr. Ega ini. 

Bahkan, makanan asam dan pedas dapat memicu Gastroesophageal reflux disease (GERD) sehingga asam lambung naik ke tenggorokan dan menimbulkan peradangan. 

Cukup Minum Saat Buka Puasa dan Sahur
Untuk menjaga kelembapan tenggorokan, kecukupan air putih adalah kunci. Maka, pastikan Anda minum setidaknya 4 gelas saat sahur dan 4 gelas saat berbuka puasa. Di luar air putih, buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka, melon, pir, atau jeruk juga dapat Anda jadikan alternatif. 

Jangan Banyak Beraktivitas di Luar Ruangan
Teriknya matahari di siang hari beserta polutannya akan menguras cadangan air dari dalam tubuh Anda serta memicu radang tenggorokan. Bila memang tidak ada keharusan, minimalkanlah kegiatan yang bersifat outdoor. Lalu, gunakanlah masker bila Anda hendak bepergian ke luar rumah. 

Itulah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah radang tenggorokan saat puasa. Bila perlu, konsumsilah suplemen tambahan saat berbuka atau sahur untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga, ketika orang di sekitar Anda ada yang kena radang tenggorokan, Anda tak langsung tertular. 

Comments

Popular posts from this blog

Kelebihan Sabun Muka Nivea Men yang Wajib Diketahui

Harga Motor Balap Yamaha Tahun Ini

Inilah Fitur Fitur Unggulan Oppo A9 2020