Cara Membuat CV yang Bagus Untuk Melamar Pekerjaan


CV atau curiculum vitae adalah daftar riwayat hidup yang ditulis dalam sebuah dokumen singkat. Biasanya, CV digunakan saat ingin melamar pekerjaan di perusahaan atau instansi tertentu. Hal-hal yang ditulis pada CV seperti identitas, riwayat pendidikan, kemampuan, riwayat pekerjaan, dan prestasi yang diraih.

CV sendiri menjadi salah satu faktor penentu diterima atau tidaknya seseorang di sebuah perusahaan. Karena itu, penting sekali untuk mengetahui Cara Membuat CV Yang Bagus Untuk Melamar Pekerjaan, agar peluang diterima kerja semakin tinggi.

Sebenarnya, membuat CV sendiri cukup mudah. Anda bisa menggunakan software seperti Canva, yang memiliki banyak koleksi template CV siap pakai. Atau, anda juga bisa menggunakan tools online yang bertebaran di internet. Yang menjadi sulit adalah menentukan apa saja yang perlu dan tidak perlu dicantumkan dalam CV.

Lakukan Job Research (Analisa Perusahaan)

Sebelum membuat CV, pastikan anda telah mengetahui seluk-beluk perusahaan dan juga posisi yangdilamar. Hal ini akan membantu anda dalam membuat CV yang menarik. Anda bisa memulai Job Research dengan mencari tau persyaratan yang ditetapkan perusahaan terkait, keterampilan yang harus dimiliki, visi dan misi perusahaan, pengalaman kerja, dan hal penting lainya.


Biasanya informasi tersebut dapat dilihat di website resmi perusahaan, atau website lowongan kerja seperti Jobstreet, Topkarir, dan sebagainya. Anda juga bisa bertanya pada teman atau karyawan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.


Tentukan Desain CV

Tahap selanjutnya adalah menentukan desain CV. Desain dari CV juga harus diperhatikan. Pastikan tata letak dan penempatan huruf jelas, serta mudah dibaca. Gunakan warna yang tidak terlalu mencolok, tetapi tetap menarik. Untuk hal ini, anda bisa menggunakan bantuan software seperti Canva yang bisa diinstal di android. Atau anda juga bisa mengunjungi website seperti infia.co untuk melihat contoh CV yang menarik. Yang perlu diingat, desain CV tidak boleh terlalu berlebihan. Seperti menambahkan gambar atau ikon yang tidak perlu. Buatlah CV yang jelas, dan mudah dibaca.


Tulis Poin-poin Penting Pada CV
Setelah anda mendapat desain yang tepat, tahap selanjutnya adalah mulai membuat CV. Di tahap ini, pastikan anda menulis semua poin penting yang diperlukan. Berikut adalah beberapa catatan yang harus ada dalam CV.

Identitas Pribadi

Pastikan anda menulis identitas pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon, email, dan identitas lainya secara lengkap dan jelas. Identitas ini berguna agar pihak perusahaan bisa dengan mudah menghubungi pelamar, jika sewaktu-watu ada informasi. Cantumkan juga foto terbaru, dan sedikit deskripsi tentang diri anda.


Riwayat Pendidikan

Poin berikutnya yang harus ada dalam CV adalah riwayat pendidikan. Tulis riwayat pendidikan secara lengkap dan berurutan. Meski demikian, ada beberapa perusahaan yang meminta riwayat pendidikan terakhir saja. Seperti SMA atau perguruan tinggi.


Keterampilan dan Penghargaan
Jika anda memiliki keterampilan khusus, tidak ada salahnya untuk dicantumkan dalam CV. Hal bisa menarik minat perusahaan untuk merekrut anda bergabung menjadi karyawan. Selain keterampilan, penghargaan yang didapat juga bisa dicantumkan dalam CV.

Pengalaman Kerja
Pastikan anda mencantumkan pengalaman kerja dalam sebuah CV. Selain itu, anda juga bisa menambahkan berbagai pelatihan yang telah diikuti, dan tentunya berhubungan dengan posisi yang dilamar.

Cek Kembali
Setelah CV selesai dibuat, pastikan anda melakukan pengecekan ulang. Hal ini bertujuan, untuk mencegah kesalahan dan data yang tidak sesuai.

Demikian postingan mengenai Cara Membuat CV Yang Bagus Untuk Melamar Kerja, semoga bermanfaat.




















Comments

Popular posts from this blog

VPS Linux Murah Domainesia

Memulai Pasang Iklan di Internet Untuk Keperluan Bisnis

Kelebihan Sabun Muka Nivea Men yang Wajib Diketahui