Bentuk Kecerdasan Anak Sejak Dini


Anak adalah anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan kepada para orang tua. Tidak semua orang bisa memiliki anak, maka dari itu kita patut bersyukur jika telah dikaruniai anak. Tentunya sebagai orang tua, kita pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Anak yang cerdas tentunya menjadi harapan setiap orang tua. Namun, di dunia ini tidak ada yang instan. Diperlukan proses agar si kecil bisa terlahir menjadi seorang anak yang pintar. 

Kesehatan mental dan kesehatan bayi bisa dibentuk sejak sebelum anak lahir. Penelitian menunjukkan semakin baik seorang ibu merawat anak selama hamil, semakin baik pula perkembangan otak janin. Karena pada faktanya, dari seluruh organ yang ada pada janin, bagian otaknya lah yang paling terkena pengaruh dari pola hidup ibu nya, terutama dari makanan yang dikonsumsi sang ibu saat hamil. Tujuh puluh persen dari total sel saraf manusia selama hidupnya dibentuk justru ketika belum lahir. Otak janin berkembang sebanyak 250.000 sel saraf tiap menitnya. Setiap sel otak ini membentuk ribuan cabang-cabang kecil lagi untuk dapat menghubungkan antar sel saraf. 

Walaupun masalah kecerdasan tersebut bergantung pada takdir Yang Maha Kuasa dan faktor genetik, namun terdapat banyak cara yang dapat dilakukan oleh calon ibu saat menjalani masa kehamilan untuk mewujudkan harapan mereka memiliki anak yang cerdas. Diantaranya yaitu dengan menghindari lingkungan yang berbahaya saat hamil. Apalagi jika Anda adalah seorang pekerja, hindari diri Anda dari paparan zat-zat kimia radiasi, hingga peluang terkena penyakit infektif. Hindari pula berada pada lalu lintas yang macet dan penuh polusi, karena penelitian membuktikan paparan zat kimia pada polusi di udara dapat mencemari plasenta. 

Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang diperlukan si anak agar menjadi cerdas, diantaranya seperti mengonsumsi asam folat atau vitamin B9. Banyak dokter yang menyarankan agar calon ibu mengonsumsi asam folat mulai dari tiga bulan sebelum merencanakan kehamilan. Asam folat banyak terdapat di sayuran hijau dan buah-buahan seperti jeruk. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen khusus ibu hamil yang bisa dibeli di apotik terdekat. Sebagai tambahan informasi, Anda juga dapat mebaca referensi artikel : https://www.guesehat.com/penuhi-7-zat-gizi-ini-saat-hamil-jika-ingin-anak-cerdas/

Comments

Popular posts from this blog

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sport yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan Sabun Muka Nivea Men yang Wajib Diketahui

Inilah Fitur Fitur Unggulan Oppo A9 2020