5 Kelebihan Layanan Data Center yang Bisa Didapatkan Perusahaan


Data Center atau yang juga biasa disebut dengan pusat data merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk menyimpan berbagai data dan informasi sebuah perusahaan yang berbentuk digital. Jika menggunakan layanan ini, data perusahaan akan lebih mudah untuk diakses dan dikelola. Biasanya perusahaan yang memiliki data besar seperti ecommerce atau toko online memanfaatkan layanan ini untuk menjaga data-datanya. Pasalnya, data adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan sehingga harus dijaga dengan baik keamanannya dalam pusat data.

Berikut Ini 5 Kelebihan dari Layanan Data Center
Adanya sebuah data center di perusahaan saat ini memang terbilang cukup penting. Meski perusahaan Anda bisa membuatnya sendiri, namun menyewa pusat data pada penyedia ternyata lebih banyak memberikan keuntungan. Sudah penasaran apa saja kelebihan dari layanan pusat data yang ada saat ini? Langsung saja, di bawah ini adalah penjelasan dari 5 kelebihannya:

1. Performa yang baik
Perusahaan memiliki risiko kehilangan data yang bisa menyebabkan kerugian besar pada perusahaan itu sendiri. Banyak faktor yang bisa menyebabkan data hilang, mulai dari serangan malware, serangan virus, hingga terkena bencana alam seperti gempa bumi atau banjir. Layanan pusat data memberikan jaminan bahwa data yang Anda titipkan tidak akan rusak ataupun hilang. Selain itu, penggunaannya juga cukup mudah serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan.

2. Tingkat keamanan data tinggi
Kelebihan dari layanan data center yang kedua yaitu memberikan jaminan keamanan data tingkat tinggi. Data merupakan asset yang sangat penting bagi perusahaan. Data yang berbentuk digital memang lebih rawan akan pencurian dibandingkan data berbentuk fisik. Akan sangat merugikan perusahaan jika data atau informasi penting milik Anda berhasil diretas dan dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, layanan pusat data memberikan jaminan keamanan tinggi agar data Anda tidak bisa diretas oleh pihak-pihak tertentu. Tidak hanya itu saja, layanan pusat data juga bisa dipakai sebagai tempat penyimpanan aplikasi sehingga lebih mudah dioperasikan.

3. Membantu menghemat anggaran perusahaan
Salah satu kelebihan dari layanan pusat data yang paling membantu perusahaan yaitu aspek fleksibilitasnya. Aspek ini sangat penting bagi perusahaan yang masih berkembang dan memiliki kemungkinan datanya bisa bertambah dalam waktu singkat. Dengan begitu, Anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya karena harus melakukan upgrade pada pusat data yang dimiliki. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk keamanan dan maintenance karena semua sudah dilakukan oleh pengelola.

4. Fasilitas lengkap
Layanan data center memiliki fasilitas yang sangat lengkap untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan yang menggunakannya. Beberapa fasilitas yang diberikan yaitu mulai dari infrastruktur pendingin, sistem keamanan canggih, hingga cadangan daya. Fasilitas cadangan daya ini sangat penting bagi sebuah pusat data untuk mengantisipasi jika listrik padam. Pasalnya, ketika listrik padam maka server akan berhenti sehingga operasional perusahaan akan terganggu. Dengan adanya cadangan daya maka server tidak akan mati meskipun listrik padam.

5. Staff handal dan professional
Layanan penyedia pusat data tidak akan mempekerjakan sembarang orang. Mereka memiliki staff yang handal dan professional untuk melakukan pengawasan terhadap server secara teratur. Dengan staff yang handal serta professional maka maintenance dan perawatan yang dilakukan bisa berjalan dengan baik.

Namun untuk mendapatkan kelebihan-kelebihan di atas, Anda harus memilih layanan dengan benar. Pasalnya, tidak semua layanan dapat diandalkan dan memiliki kualitas yang baik. Untuk mendapatkan kualitas yang baik, pilihlah layanan dari NEX. Dengan menggunakan layanan data center ini, seluruh data

Comments

Popular posts from this blog

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sport yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan Sabun Muka Nivea Men yang Wajib Diketahui