Tips Merawat AC Agar Tetap Dingin dan Awet


Sebagai sebuah negara yang terletak di garis khatulistiwa maka Indonesia memiliki iklim tropis. Dan tentunya dengan iklim tropis ini kita akan mengalami temperatur yang cukup panas sepanjang tahunnya. Panas yang terjadi ini seringkali terasa cukup mengganggu bagi sebagian orang. Banyak orang yang merasa kesulitan saat harus beraktivitas di tempat yang panas bahkan tak sedikit orang yang tidak bisa beristirahat dengan tenang di ruangan dengan suhu cukup tinggi karena merasa gerah.

Untuk mengatasi hal tersebut beberapa hal bisa dilakukan oleh mereka yang ingin terhindar dari panas dalam ruangan. Misalnya saja dengan menggunakan kipas angin untuk mendinginkan ruangan yang kita tempati. Akan tetapi terkadang kemampuan pendinginan yang dilakukan oleh kipas angin ini sangat terbatas sehingga kita membutuhkan perangkat lainnya yang lebih efektif dalam mendinginkan udara. Alat tersebut adalah AC atau air conditioner yang merupakan alat yang dipergunakan untuk menghasilkan dan menstabilkan suhu ruangan. AC ini sebenarnya bisa berfungsi untuk memanaskan dan mendinginkan akan tetapi yang populer di kalangan masyarakat tentunya adalah bahwa AC adalah alat pendingin ruangan.

Penggunaaan AC sebagai penyejuk ruangan ini bisa dibilang lumayan bagus karena umumnya AC yang ada saat ini bisa kita atur suhunya sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu kita juga bisa memilih kapasitas AC yang akan kita pakai menyesuakain dengan luas ruangan, misalnya saja untuk ruangan dengan ukuran 3 x 5 meter kita bisa menggunakan Ac samsung 1 pk atau Ac merk lainnya dengan daya yang sama. Disamping berfungsi sebagai alat pengatur suhu AC sebenarnya juga memiliki fungsi lainnya yakni mengatur kelembapan udara di ruangan yang kita pasangi AC tersebut. Kita bisa mengatur kelembapan udara ini secara tidak langsung dengan mengatur suhu AC.

Tentunya untuk bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari sebuah AC kita harus menggunakan AC yang tepat dengan keperluan kita dan AC masih dalam kondisi yang bagus. Untuk itu kita perlu melakukan maintenance (perawatan) yang tepat terhadap Ac yang kita miliki. Berikut ini adalah beberapa jenis maintenance yang perlu kita lakukan agar AC yang ada bisa awet dan tetap dingin :

1. Gunakan Ac di ruangan yang memang benar benar tertutup rapat
Menggunakan AC di ruang yang tertutup rapat tentunya akan menjadikan kerja Ac lebih ringan untuk mendinginkan udara dibandingkan dengan menggunkannya di ruangan yang cukup terbuka. Hal ini sedikit banyak mungkin saja bisa memperpanjang umur AC yang kita pakai. Selain itu penggunaan AC di ruangan yang memang tertutup rapat akan lebih hemat listrik jika dibandingkan menggunakan AC di ruangan yang sering di buka tutup.

2. Matikan AC Ketika Sudah Tidak Digunakan
Salah satu cara lain agar AC yang kita miliki tetap awet adalah dengan mematikan ac tersebut ketika kita akan meningalkan ruangan dalam waktu yang cukup lama. Dengan kita mematikan ac maka ac tidak akan bekerja terus menerus sehingga akan relatif lebih awet. Disamping itu dengan melakukan hal tersebut kita juga bisa lebih hemat listrik karena tak ada daya yang terbuang sia sia. Akan tetapi jika kita meninggalkan ruangan hanya sebentar saja maka sebaiknya tak perlu mematikan AC tersebut.

3. Bersihkan Kotoran dan Debu yang Ada
Salah satu sumber masalah yang sering menyebabkan AC tidak berfungsi dengan normal adalah karena adanya debu dan kotoran di AC misalnya saja di filter dari AC. Oleh karena itu sebaiknya kita perlu melakukan pembersihan secara rutun terhadap bagian bagian ac yang dirasa perlu. Jika kita tidak bisa melakukannya sendiri kita bisa menggunakan jasa orang lain.

4. Lakukan Pengecekan Terhadap Freon
Pastikan freon AC yang kita pakai ini tetap dalam kondisi bagus dalam artian tidak bocor dan freonnya masih cukup. Kurang atau habisnya freon tentunya akan menjadikan AC kita tidak dingin lagi.

5. Atur Suhu Sewajarnya
Agar mesin AC tidak bekerja telalu berat maka aurlah suhu sewajarnya saja. Untuk di Indonesia bisa kita atur suhu ruangan ke 22 derajat celcius saja misalnya.

Comments

Popular posts from this blog

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sport yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan Sabun Muka Nivea Men yang Wajib Diketahui

5 Kelebihan Layanan Data Center yang Bisa Didapatkan Perusahaan