Mengatasi Gatal Gatal Karena Alergi


Penyakit gatal yang terjadi pada kulit merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup umum dan dialami oleh banyak orang di dunia. Adapun penyebab dari rasa gatal pada kulit ini juga bermacam macam. Ada penyakit gatal yang disebabkan oleh jamur, bakteri dan ada juga yang kulitnya gatal karena alergi.

Kulit gatal karena alergi biasanya terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang sensitif dengan bahan penyebab alergi atau yang sering disebut sebagai alergen. Alergen penyebab alergi sendiri bermacam macam mulai dari bulu binatang, makanan, serangga, hingga suhu udara  dingin dan panaspun bisa menjadi salah satu penyebab alergi.

Menderita Gatal gatal di kulit karena alergi tentunya sangat tidak nyaman dan juga bisa mengganggu aktivitas harian kita. Bahkan untuk beberapa kasus alergi ini bisa menjadi cukup berbahaya. Karena itu penting bagi kita untuk mencegah jangan sampai mengalami gangguan kulit yang disebabkan alergi. Tentunya cara paling simpel adalah dengan menghindari bahan bahan penyebab alergi tadi.

Akan tetapi jika kulit sudah terlanjur gatal karena alergi maka mau tidak mau harus segera diobati agar tidak semakin parah lagi. Dan untuk pengobatan alergi ini tentunya tidak sembarangan saja pemberian obat maupun penanganannya. Hal ini karena jenis alergi kulit yang dialami seseorang belum tentu sama dengan alergi yang dialami oleh orang lain. Dan jenis gatal karena alergi ini memang cukup beragam. Secara umum jenis gatal di kulit karena alergi ini terbagi menjadi beberapa jenis seperti eksim, dermatitis, dermatitis dihidrotik, urtikaria dan angioedema. Berbeda jenis gatal pada kulit tentunya berbeda juga jenis penanganan dan obat yang dipakai.

Karena itu ada baiknya kita konsultasikan terlebih dahulu masalah alergi tersebut dengan dokter yang memiliki kompetensi di bidangnya. Untuk melakukan konsultasi ke dokter sendiri kita tidak harus datang langsung. Hal ini karena saat ini sudah cukup banyak layanan baik yang berbentuk Web maupun aplikasi yang memungkinkan kita berkonsultasi dengan dokter secara online. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur tanya dokter yang ada di halodoc Melalui fitur tanya dokter ini kita bisa bertanya seputar masalah kesehatan yang kita alami sekarang termasuk juga jika kita sedang mengalami alergi.

Namun jika kita merasa dengan tanya dokter secara online ini belum memberikan jawaban yang memuaskan maka kita bisa menggunakan fitur lain dari halodoc yakni cari dokter. Dengan fitur ini kita bisa mencari dokter yang sesuai dengan penyakit yang kita derita dan membuat janji untuk konsultasi secara langsung / tatap muka. Untuk jenis penyakit gatal ini mungkin kita bisa konsultasi dengan dokter spesialis penyakit kulit.

Dari hasil konsultasi inilah nantinya bisa disimpulkan tentang penyakit gatal yang kita alami. Apakah termasuk alergi yang mana. Dari situ kita juga akan mendapatkan informasi tentang apa obat alergi gatal yang harus kita gunakan apakah antihistamin atau yang lainnya. Dan jika memang alergi yang terjadi pada kulit maupun bagian tubuh kita lainnya sudah cukup parah maka tenyunya harus di bawa ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya untuk mendapatkan penangan yang lebih intensif dan lebih baik. Untuk masalah rumah sakit ini ada baiknya jika memilih yang lokasinya tidak jauh dari tempat kita tinggal sehingga tidak terlalu merepotkan. Untuk bisa menemukan rumah sakit terdekat dengan fasilitas yang sesuai kita juga bisa memanfaatkan salah satu fitur yang ada di halodoc yakni cari rumah sakit.

Comments

Popular posts from this blog

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sport yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan Sabun Muka Nivea Men yang Wajib Diketahui

Kenali Penyebab Kerusakan Motherboard Asus ROG dan Cara Mengatasinya