Berikut macam-macam puasa Sunnah beserta bacaan niat


Puasa adalah suatu ibadah yang disukai oleh Allah SWT baik puasa Sunnah maupun Wajib. Ketika berpuasa kita akan mendapatkan ganjaran pahala, tetapi bukan hanya itu saja melainkan ada banyak sekali manfaat dan hikmah yang bisa kita dapatkan ketika berpuasa seperti lebih disiplin, terhindar dari hal negatif, hidup lebih memiliki tujuan dan masih banyak lagi. 

Selain puasa wajib di agama Islam sendiri ada macam-macam puasa Sunnah yang dianjurkan, kali ini kami akan memberikan informasi seputar macam-macam puasa Sunnah lengkap dengan bacaan niat. Mungkin untuk niat puasa ramdhan sebagian dari kita sudah paham bagaiman, sedang untuk yang sunnah bisa teman teman simak ulasannya sebagai berikut.

1.Puasa 6 hari Bulan Syawal

Puasa Sunnah yang pertama yaitu puasa Syawal, puasa Syawal sendiri dilakukan di bulan Syawal tepatnya setelah hari raya Idhul Fitri selama 6 hari berturut-turut. Tetapi perlu diingatkan bahwa ada banyak sekali puasa sunnah di bulan Syawal yang tanggalnya tidak ditentukan. Kita sendiri boleh melakukannya secara acak ataupun berurut selama kita melakukannya di bulan Syawal. Nah berikut niat puasa Sunnah Syawal.

"Nawaitu sauma ghodin an sittatin min syawalin sunattan lillahi taala."

2.Puasa Senin Kamis

Puasa yang kedua ini mungkin sudah banyak diterapkan oleh banyak orang di Indonesia yaitu Puasa Senin Kamis. Puasa ini dilakukan di hari Senin dan Kamis saja, maka dari itu orang-orang menyebut puasa Sunnah ini dengan sebutan puasa Senin Kamis.  Puasa ini memang ditujukan untuk orang yang baru belajar untuk melakukan puasa Sunnah, nah untuk kalian yang ingin mencoba belajar puasa Sunnah, kalian bisa mencoba puasa Senin Kamis, berikut bacaan niatnya.

Niat puasa sunnah di hari Senin:

"Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala."

Niat puasa sunnah di hari Kamis:

"Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala."

3.Puasa Nabi Daud

Puasa Sunnah berikutnya adalah puasa Nabi Daud, puasa ini biasanya diterapkan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan, meski semua tidak seperti itu tujuannya. Pasalnya kini banyak program diet yang sistemnya hampir mirip seperti puasa Nabi Daud. Puasa ini memiliki banyak manfaat dan hikmah dibeliknya, tetapi puasa ini memang dibutuhkan ketebalan Iman yang tinggi sebab puasa ini dilaksanakan selang seling dalam satu minggu. Berikut bacaan niat puasa Nabi Daud.

Niat puasa Nabi Daud:

"Nawaitu shauma daawuda sunnatal lillahi ta’aala."

4.Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

Puasa berikutnya adalah puasa Arafah 9 Dzulhijjah, puasa ini memang masih terdengar asing ditelinga orang awam seperti kita. Puasa Arafah sendiri dilakukan sehari sebelum hari raya Iduladha tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa ini memiliki keistimewaan dan keutamaan yang besar ketimbang puasa Sunnah 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah lainnya. Nah berikut bacaan niat puasa Arafah.

Niat puasa Arafah 9 Dzulhijjah:

"Nawaitu shauma 'arofata sunnatan lillaahi ta’aala."

5.Puasa Muharram

Puasa Sunnah terakhir yang akan kita bahas terakhir adalah puasa Muharram yang dilakukan pada bulan Muharram atau biasa dikenal dengan tahun barunya umat Islam. Puasa Muharram dilakukan pada tanggal 10, yang juga dikenal dengan puasa Sunnah Asyura. Meski begitu puasa ini tidak harus dilakukan ketika tanggal 10 hanya saja biasanya orang-orang melakukannya di tanggal tersebut. Berikut bacaan niat puasa Sunnah Muharram.

Niat puasa Asyura:

"Nawaitu sauma ghodin min yaumi ‘asyura sunnattan lillahi ta’ala."

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan speutar macam-macam puasa Sunnah. Oh ya, masih ada satu jenis puasa Sunnah lagi yaitu Puasa Sya’ban. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Bayar Tagihan Indihome Mudah dengan LinkAja

Kekurangan Sistem Manual Soal Perhitungan Gaji Karyawan

Tips Berbahasa Inggris dengan Fasih dan Terkesan Natural