Review, Harga & Spek Vivo Y12 Terbaru 2021



Vivo mengeluarkan smartphone terbaru dengan harga terjangkau di penghujung tahun 2019 lalu, yaitu Vivo Y12. Pertanyaannya adalah, apakah smartphone tersebut layak dipertimbangkan? Agar bisa menjawabnya, Anda bisa menyimak review dan tabel spek Vivo Y12 yang lengkap berikut ini:

Spek Vivo Y12 

Bodi


Dimensi

159.43 x 76.77 x 8.92mm

Berat

190.5 gram

Harga


3GB + 32 GB

Rp 1.999.999 (website resmi Vivo)

3GB + 64 GB

Rp 2.099.000 (website resmi Vivo)

Spesifikasi Dasar


Chipset

Mediatek Helio P22 (12 nm)

GPU

PowerVR GE 8320

Prosesor

Octa-core 2.0 GHz

RAM

3GB

Storage

32GB/64GB

Baterai

5000 mAh

Warna produk yang tersedia

Aqua Blue, Burgundy Red, Thunder Black

OS

Funtouch OS 9 (Android 9.0 Pie)

Tampilan


Layar

6.35 inci

Resolusi

HD+ (720 x 1533 piksel)

Tipe

LCD

Touchscreen

Layar sentuh kapasitif

Kamera


Belakang

13MP (f/2.2)+8MP (f/2.2) +2MP (f/2.4)

Depan

8MP (f/1.8)

Flash

Lampu kilat belakang

Fitur/Model

Professional, DOC, PDAF, Palm Capture, Time Lapse, Voice Control, Live Photos, Show, HDR, Portrait Bokeh, Panorama, AI Face Beauty, Watermark, Camera Filter, Super Wide Angle Camera

Koneksi


WiFi

2.4G + 5G WiFi

Bluetooth

Bluetooth 5.0

USB

USB 2.0

GPS

Ya

OTG

Ya

FM

Ya

Jaringan


SIM

Single SIM, Dual SIM, Dual Standby

Tipe

Dual SIM & Dual Standby

2G

B3/5/8

3G

B1/5/8

4G FDD-LTE

4G TDD-LTE

B1/3/5/8

B40

Lokasi dan Sensor


Lokasi

GPS, BeiDou,Galileo, GLONASS

Sidik jari

Ya

Accelerometer

Ya

Ambient Light Sensor

Ya

Proximity Sensor

Ya

E-Compass

Ya

Gyroscope

Virtual Gyroscope

Media


HiFi Chipset

N/A

Pemutaran Audio

APE, Vorbis, MIDI, AMR-WB, AMR-NB, MP3. WAV, MP2

Pemutaran Video

3GP, FLV, MKV, TS, AVI, MP4

Format Rekaman Video

MP4

Format Rekaman Audio

M4A


Review Vivo Y12

1. Desain

Seperti pendahulunya (Vivo Y17 dan Vivo Y15), Vivo Y12 hadir dengan warna gradasi, yang seakan memberikan efek glossy. Hal ini bisa Anda lihat di bagian belakang Vivo Y12, yang juga mengusung desain 2,5D dengan tepi membulat.

Jadi, meskipun terlihat glossy yang licin, desain 2,5D di Vivo Y12 tetap nyaman di genggaman, karena terasa pas dan tidak mudah jatuh. Artinya, smartphone ini cocok untuk segala aktivitas, indoor maupun outdoor.

Selanjutnya, ada kamera yang ditempatkan secara vertikal di bodi belakang, tentu juga sudah dilengkapi dengan lampu flash. Nah, di bagian tengah ada sensor sidik jari berbentuk kotak, yang memudahkan pengguna membuka layar smartphone dengan mudah.

Beralih ke bagian depan, Vivo Y12 hadir dengan desain poni kekinian, yang sekaligus menjadi tempat untuk kamera depan. Kamera depan yang berada di tengah atas layar memudahkan pengguna mendapatkan angle yang tepat ketika selfie.

Di sisi kiri ada slot untuk dua kartu SIM dan microSD, sedangkan di sisi kanan ada tombol untuk mengatur volume dan tombol power. Di bagian bawah sendiri ada port charging, 3,5mm Jack, dan speaker.

Kesimpulannya, tidak ada menarik dari desain Vivo Y12, artinya biasa-biasa saja layaknya smartphone terjangkau lainnya. Kabarnya baiknya, warna gradasi di bagian belakang smartphone membuat spek Vivo Y12 sekilas tampak lebih mewah dan premium.

2. Layar

Vivo Y12 hadir dengan layar 6,35 inci, yang terlihat lebih luas berkat desain poni waterdrop dan bezel super tipis yang mengelilingi layar. Jika diukur, rasio layar ke bodi smartphone Vivo Y12 adalah 89%, tidak heran layarnya tampak luas walaupun sebenarnya hanya 6,35 inci.

Sayangnya, layarnya yang cukup luas tersebut tidak didukung dengan teknologi layar yang bagus. Ya, layaknya smartphone kelas menengah ke bawah lainnya, smartphone ini masih menggunakan teknologi layar layar sentuh kapasitif LCD, yang sangat jauh jika dibandingkan Super AMOLED.

Layar smartphone ini terlihat lebih mendingan berkat resolusi HD+, tepatnya 720 x 1544 piksel, yang lumayan menghasilkan gambar yang baik. Jadi, melihat video maupun bermain game di Vivo Y12 tetap bisa dinikmati tanpa gangguan berarti.

Vivo Y12 juga belum dibekali dengan pelindung layar yang berkualitas, seperti Corning Gorilla Glass. Jadi, layar smartphone rawan tergores atau lecet karena kuku pengguna atau hal tajam lainnya. Jika ingin layar tetap mulus, pengguna harus menambahkan pelindung tambahan secara mandiri.

3. Performa

Karena harganya yang hanya Rp 1 jutaan, Anda tidak bisa mengharapkan performa yang luar biasa dari spek Vivo Y12. Ya, smartphone ini dibenami dengan chipset dari Mediatek, yaitu Helio P22, yang juga didukung CPU Octa-core dengan kecepatan 2GHz.

Belum lagi dukungan GPU PowerVR GE 8320 dan RAM 3GB, untuk memproses grafik dan multitasking dengan baik. Artinya, smartphone ini bisa diandalkan untuk aktivitas ringan seperti memutar multimedia, browsing, dan aktivitas sejenis.

Bagaimana performa Vivo Y12 untuk gaming? Well, smartphone ini bisa Anda gunakan untuk memainkan game dengan grafis ringan seperti Among Us dan semacamnya. Namun, untuk game berat seperti Genshin Impact atau PUBG Mobile, katakan selamat tinggal.

Beruntungnya, untuk membantu memaksimalkan pengalaman memainkan game, Vivo Y12 telah dilengkapi dengan fitur Dual Turbo dan Ultra Game. Diharapkan, dengan dua fitur ini, pengguna bisa memainkan game favorit dengan lebih baik.

Ingin membeli Vivo Y12 namun sulit menemukannya? Anda bisa mencoba mencarinya di Hp Vivo terbaru Bhinneka.com. Marketplace ini menyediakan barang elektronik dan barang-barang lainnya lengkap, tentunya dengan harga yang bersaing.

4. Kamera

Jika ada yang istimewa dari smartphone ini, itu terletak pada kameranya. Vivo Y12 hadir dengan tiga kamera utama, masing-masing memiliki resolusi 13MP (kamera utama), 8MP (Super Wide-Angle Camera) dan 2MP (Depth Sensor).

Kamera belakang juga sudah dilengkapi dengan AI (Artificial Intelligent), yang akan membantu pengguna mendapatkan foto yang optimal. Anda tidak perlu susah edit sana sini karena hasil jepretan sudah terlihat bagus dan layak dipajang di media sosial.

Hal lain yang patut diperhatikan dari kamera belakang adalah kamera 8MP, kamera jenis Super Wide-Angle Camera. Ya, dengan lensa ini, Anda bisa mengambil objek foto hingga 120 derajat, jadi lebih banyak orang dan pemandangan yang bisa ditangkap.

Untuk kamera depan, Vivo Y12 telah dilengkapi dengan lensa ukuran 8MP, untuk menunjang kebutuhan pengguna akan selfie/wefie. Tentu hasilnya tidak terlalu istimewa, namun masih layak dipajang dan dipamerkan di media sosial.

5. Baterai

Baterai Vivo Y12 yang berkapasitas 5000 mAh juga menjadi salah satu keunggulan dari smartphone ini. Pastinya, smartphone ini bisa tahan digunakan seharian tanpa isi ulang. Sayangnya, belum ada fitur fast charging untuk pengecasan yang lebih kencang.

Vivo Y12 dibanderol sekitar Rp 1.999.999 untuk varian RAM 3GB dan ROM 32GB, sedangkan varian RAM 3GB dan ROM 64 GB dibanderol sekitar Rp 2.099.000. Harga bisa berbeda-beda, bahkan bisa lebih murah, tergantung keberuntungan Anda.

Namun, jika ingin merasakan spek Vivo Y12 sendiri dengan harga yang benar-benar murah, Anda bisa mencobanya di Bhinneka.com. Anda juga bisa belanja aneka kebutuhan bisnis dengan jumlah yang besar, tentunya dengan harga khusus dan diskon melimpah.


Comments

Popular posts from this blog

Bayar Tagihan Indihome Mudah dengan LinkAja

Tips Berbahasa Inggris dengan Fasih dan Terkesan Natural

Kekurangan Sistem Manual Soal Perhitungan Gaji Karyawan