Mengetahui Pengertian, Manfaat Dan Fitur-Fitur Yang Ada Pada Cpanel

 


Mengetahui Pengertian, Manfaat Dan Fitur-Fitur Yang Ada Pada Cpanel - Saya akan menjelaskan di sini dalam bahasa yang sesederhana mungkin. Insya Allah untuk anda yang menjadi pengunjung situs saya dan sedang mencari info ini bisa dengan mudah mengetahui apa itu Cpanel

Sederhananya, Cpanel adalah control panel Web hosting atau sederhananya dengan Cpanel, kita dapat dengan mudah mengelola server yang letaknya sangat jauh, baik di dalam maupun di luar negeri, yang digunakan untuk meng-hosting website kita.

Dimana kita bisa mengatur beberapa fungsi server dengan mudah. Pikirkan jika tanpa memakai suatu Cpanel ini kita harus bolak-balik pada tempat dimana server berada untuk mengatur beberapa fungsi seperti mengatur sebuah Domain atau menginstal script seperti wordpress atau Joomla.

cpanel ini disediakan oleh perusahaan yang memiliki server. Sebab, Cpanel ini langsung terpasang di server yang bersangkutan. Cpanel sendiri kini hanya mendukung server berbasis Linux. Untuk versi Windows ada Enkompas, tapi EOL sudah mengumumkannya karena tidak ada peminatnya. Cpanel telah disediakan di dalam paket hosting yang kita beli. Jadi jika Anda membeli hosting dari pihak hosting, Anda juga akan mendapatkan Cpanel.

Pengertian Cpanel

Cpanel adalah panel kontrol yang dilindungi. Fasilitas ini memberikan suatu kemudahan untuk para pemilik akun hosting untuk mengelola seluruh fasilitas web hosting yang dimilikinya. Untuk dapat masuk, Anda memerlukan nama pengguna dan kata sandi. Informasi akses cpanel dan alamat login ada di email aktivasi hosting. 

Fitur dan manfaat cpanel

Manfaat

1. Anda tidak perlu melakukan perjalanan ke server yang bersangkutan yang menghosting situs web Anda di sana untuk aktivitas tertentu. Duduk saja di depan komputer Anda dan buka browser Anda.

2. Ketahui spesifikasi server yang Anda gunakan. Seperti halnya di dalam prosesor, Ram, Disk (yang di-host) termasuk juga Load dari dalam server yang Anda gunakan juga akan mudah diakses.

3. Atur Domain yang Anda gunakan, kelola file dari situs web yang Anda gunakan, kelola database, dll.

Fitur Cpanel (Ketersediaan tergantung pada penyedia hosting):

Ada ratusan fitur Cpanel. Itu tergantung pada pihak hosting yang mencampurnya. Secara garis besar, fitur-fitur dari Cpanel adalah sebagai berikut:

  • Preferensi: ada beberapa tutorial berupa video dan artikel, serta suatu pengaturan dari Cpanel seperti mengubah tema. Ubah bahasa (sekarang tidak tersedia dalam bahasa Indonesia) dll.

  • Mail: ada berbagai opsi yang mengatur sebuah Email pribadi berdasarkan Domain yang Anda gunakan. Biasanya juga ada fitur anti-spam seperti Spam Assassin yang dibundel dalam fitur ini.

  • File: mengelola file yang masuk di hosting Anda. Anda dapat mengakses file di hosting Anda, mengedit file hosting. Cadangkan file di hosting Anda, dll.

  • Log: Anda dapat melihat aktivitas setiap pengguna yang mengakses situs web Anda, memeriksa IP pengunjung situs web Anda. Memasang kata sandi di folder/direktori file hosting Anda, dll.

  • Domain: mengatur tentang Instalasi Domain murah, Add-on domain, pengaturan DNSS sub domain, dll.

  • Database: mengelola Database situs web Anda. Seperti Database MySQL dan PHPmyadmin.

  • Perangkat Lunak: Cpanel juga mendukung penginstalan skrip aplikasi pihak ketiga. beberapa aplikasi pihak ketiga ini seperti Softaculus (instalasi wordpress, Joomla, Drupal dll) dalam satu klik) Cloudfare CDN dll.

Cpanel itu sendiri berbayar. Tapi jangan khawatir, ini sudah termasuk dalam biaya hosting yang Anda gunakan. Ada banyak pesaing untuk Cpanel, tetapi Cpanel adalah yang paling banyak digunakan. Secara sederhana, fungsi dari system cPanel yaitu untuk memudahkan dalam mengelola sebuah website yang ada di akun web hosting Anda. 

cPanel sangat menyederhanakan konfigurasi terkait domain dan hosting. Selain itu, cPanel juga bisa menambahkan beberapa aplikasi tambahan yang harus diinstal untuk mendukung website agar bisa bekerja dengan baik. Karena fungsinya sebagai jembatan, web designer dapat mengatur kebutuhan website. Beberapa dari mereka adalah:

  • Buat atau hapus alamat email

  • Membuat penerus email

  • Buat atau hapus nama/pengguna database MySQL

  • Unggah file situs web dan database

  • Mengatur konfigurasi PHP

  • Lihat statistik pengunjung situs web

  • Konfigurasi folder/situs web security (keamanan)

  • Menyiapkan sub domain/domain parkir dan domain tambahan (addon domain)

  • Instal skrip situs web secara instan, misalnya wordpress, joomla, dll.

Cpanel didesain sebagai suatu dedicated server atau virtual private server. Versi terbaru dari Cpanel dalam mendukung instalasi di CentOS, Red Hat Enterprise Linux (RHEL), dan CloudLinux. Dan cPanel 11.30 adalah versi terakhir yang mendukung FreeBSD.

Itulah penjelasan tentang Mengetahui Pengertian, Manfaat Dan Fitur-Fitur Yang Ada Pada Cpanel diharapkan setelah membaca artikel ini Anda mendapat sebuah informasi yang berguna. Dan Demikian ulasan tentang Mengetahui Pengertian, Manfaat Dan Fitur-Fitur Yang Ada Pada Cpanel semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Bayar Tagihan Indihome Mudah dengan LinkAja

Tips Berbahasa Inggris dengan Fasih dan Terkesan Natural

Kekurangan Sistem Manual Soal Perhitungan Gaji Karyawan