Inilah Beberapa Penyakit Jantung yang Berbahaya Bagi Manusia


Jantung adalah salah satu organ yang peranannya sangat vital bagi tubuh manusia. Fungsi utama jantung yakni memompa darah ke seluruh tubuh menjadikan jantung selalu berdenyut setiap saat. Adanya gangguan pada jantung jelas saja akan mempengaruhi fungsi organ tubuh lainnya. Hal ini karena darah yang dipompa dan dialirkan ke seluruh tubuh oleh jantung penuh dengan oksigen serta nutrisi. Sehingga jika ada gangguan pada jantung maka bisa saja suplai oksigen ke tubuh akan bermasalah.


Gangguan atau penyakit yang terjadi pada jantung sendiri cukup banyak jumlahnya. Sebagian gangguan pada jantung ini bisa berakibat fatal bahkan membahayakan nyawa. Adapun beberapa contoh gangguan atau penyakit yang bisa terjadi pada jantung diantaranya adalah sebagai berikut:


Gagal Jantung

Gagal jantung adalah suatu kondisi dimana jantung tidak bisa memompa cukup darah ke seluruh tubuh. Gagal jantung bisa terjadi karena kemampuan memompa darah oleh jantung yang berkurang setiap waktunya.

Bahaya penyakit gagal jantung ini cukup besar bahkan terkadang bisa menimbulkan kematian. Apalagi sampai sekarang belum ditemukan obat yang tepat untuk penyakit ini. Bahkan penderita gagal jantung dimungkinkan harus menjalani perawatan sepanjang hidupnya.

Gejala dari gagal jantung ini biasanya ditandai dengan kesulitan bernafas, tubuh terasa lemas serta terjadi bengkak pada pergelangan kaki, perut serta pembuluh  darah di leher.


Jantung Koroner

Jantung koroner merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa terjadi pada jantung. Banyak kematian orang beberapa tahun belakangan ini yang didahului oleh penyakit jantung koroner ini. 

Jantung koroner terjadi ketika arteri koroner tersumbat oleh timbunan lemak. Keluhan yang biasa dialami oleh orang yang terkena jantung koroner diantaranya adalah nyeri pada dada, kesulitan bernapas serta gejala serangan jantung. Jika penyakit jantung koroner dibiarkan maka bisa saja mengakibatkan terjadinya gagal jantung. 


Serangan Jantung (Sindrom koroner akut)

Serangan jantung atau yang dalam bahasa kedokterannya sering disebut sebagai infark miokard adalah gangguan jantung serius yang terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke jantung. Adanya penyumbatan ini mengakibatkan otot jantung tidak mendapatkan aliran darah sehingga fungsi jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh akan terganggu. Infark miokard ini bisa disebabkan juga karena penyakit jantung koroner.

Serangan jantung yang parah sering kali menimbulkan komplikasi dengan penyakit lainnya atau bahkan menimbulkan kematian. Beberapa komplikasi yang bisa terjadi karena serangan jantung misalnya saja adalah aritmia, jantung robek serta syok kardiogenik.


Aritmia

Aritmia atau kelainan irama detak jantung adalah gangguan pada jantung manusia yang berupa ketidaknormalan laju detak jantung. Penderita aritmia  bisa mengalami irama detak jantung yang terlalu cepat atau sebaliknya terlalu lambat. Secara umum aritmia ini tidak terlalu berbahaya akan tetapi jika terjadi komplikasi maka akan sangat berbahaya.


Jantung Bocor

Jantung bocor baik itu ASD (Atrial Septal Defect) maupun VSD (Ventricular Septal Defect) merupakan salah satu kelainan yang terjadi pada jantung yang bersifat genetik atau turunan dari salah satu orang tua si bayi. Penyakit ini bisa dialami oleh bayi yang bahkan masih dalam kandungan ibunya.


Cara Pencegahan Penyakit Jantung

Sebagian dari penyakit jantung yang ditampilkan di atas sebenarnya bisa dicegah. Adapun upaya pencegahan penyakit jantung ini salah satunya adalah dengan melakukan pola hidup sehat baik dalam hal makanan, melakukan olahraga, berhenti merokok dan lain sebagainya.


Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi Gatal Gatal Karena Alergi

Beberapa Contoh Konsep Desain Kolam Renang yang Menarik Untuk Diterapkan

Optimalkan Bisnis dengan Strategi Customer Engagement yang Tepat