Optimalkan Bisnis dengan Strategi Customer Engagement yang Tepat

customer engagement

Memulai sebuah bisnis mungkin merupakan salah satu pekerjaan yang berat. Tapi sebenarnya ada hal lain yang bisa dibilang lebih berat yakni mempertahankan dan mengembangkan bisnis yang sudah berjalan. Banyak pebisnis yang hanya mampu bertahan di tahun tahun awal saja dan mengalami kegagalan di tahun tahun berikutnya. Tak sedikit juga yang harus mengalami kebangkrutan karena berbagai sebab.

Dan salah satu penyebab kegagalan pebisnis untuk bisa bertahan atau mengembangkan usahanya ini adalah ketidakmampuan mereka dalam mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Mungkin saja mereka sangat gencar melakukan promosi untuk mendapatkan consumer baru, akan tetapi customer yang datang hanya sekali saja bertransaksi setelah itu menghilang. Dengan begitu revenue perusahaan akan cenderung stagnan atau bahkan menurun.


Untuk itulah perlu strategi khusus agar bisa mendapatkan pelanggan setia. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan strategi customer engagement yang tepat. Karena menurut sebuah penelitian pelaku bisnis yang sukses melakukan customer engagement dengan baik akan mampu menjaga / mempertahankan pelanggannya dan meningkatkan revenue hingga 23 %.


Lalu sebenarnya apa sih customer engagement itu sendiri? dan bagaimana strategi customer engagement yang tepat untuk bisnis kita? simak tulisan di bawah ini untuk lebih jelasnya.


Secara sederhana bisa dikatakan customer engagement adalah hubungan, interaksi atau komunikasi yang dibangun perusahaan dengan pelanggannya. Dan salah satu tujuan dari customer engagement ini tentunya agar pelanggan bisa mendapatkan pengalaman terbaik saat berinteraksi dengan kita. Sehingga terbagunlah hubungan kuat antara bisnis kita dengan pelanggan.


Untuk mendapatkan hasil yang seoptimal mungkin tentunya kita harus menerapkan strategi customer engagement ini dengan tepat. Beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam customer engagement ini antara lain adalah sebagai berikut:


  1. Gunkan Media yang Tepat

Salah satu cara untuk bisa meningkatkan customer engagement adalah menggunakan media yang tepat baik offline maupun online. Untuk media online sendiri bisa menggunakan medsos seperti instagram, facebook,tik tok, twitter dan yang lain lain. Namun yang perlu diperhatikan karakteristik pengguna masing masing media sosial ini berbeda beda sehingga kita harus menggunakan konten yang tepat untuk masing masing medsos untuk mendapatkan hasil yang optimal.


  1. Kenali customer kita

Salah satu hal utama yang perlu kita lakukan dalam membangun customer engagement yang baik adalah dengan mengenali pelanggan kita atau sejauh mana pelanggan terlibat dengan bisnis kita. Ada beberapa tahap yang biasa dilalui oleh pelanggan ataupun calon pelanggan terkait dengan produk atau bisnis kita. Mulai yang baru tahu produk/bisnis kita dari iklan, yang sudah tertarik untuk mencari info terkait dengan produk kita dan mempertimbangkan untuk membelinya, yang sudah membeli hingga yang telah membeli berulang ulang produk kita.

Masing masing kondisi pelanggan ataupun calon pelanggan ini tentunya memerlukan penanganan yang berbeda. Sebagai contoh untuk calon pelanggan yang masih dalam tahap mempertimbangkan untuk membeli maka salah satu langkah tepat yang bisa kita lakukan adalah fokus untuk menjelaskan tentang produk kita dan kebutuhan mereka akan produk kita tersebut. Sementara untuk pelanggan yang sudah berulang kali bertransaksi maka kita bisa memberikan reward sebagai salah satu cara untuk meningkatkan customer engagement.


  1. Lakukan Evaluasi

Evaluasi merupakan salah satu hal yang perlu untuk kita lakukan untuk melihat berhasil tidaknya strategi customer engagement yang kita lakukan. Dalam melakukan evaluasi ini kita bisa melakukannya dengan berbagai cara. Misalnya saja dengan melihat statistik dari media sosial bisnis kita. Disini kita bisa melihat bagaimana interaksi antara kita dan pelanggan kita. Berapa komen, like serta share yang kita dapat dari pelanggan, berapa view dari masing masing postingan kita dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan statistik yang lebih akurat tak ada salahnya jika kita menggunakan tools tools analytuc khusus baik itu yang gratis ataupun berbayar.

Evaluasi juga bisa dilakukan dengan melihat feedback dari para pelanggan kita. Dari situ kita akan tahu tingkat kepuasan masing masing pelanggan.


Comments

Popular posts from this blog

What is the Room Area and Interior Design of Porcelain Hotel Concepts?

What are the Advantages of Single Room at Raffles Hotel?

Mengatasi Gatal Gatal Karena Alergi