Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering dan Gatal

 


Memiliki kulit yang sehat adalah harapan semua orang. Akan tetapi sayangnya sebagai bagian terluar dari tubuh manusia kulit sering mengalami masalah kesehatan. Dari masalah yang tergolong ringan hingga yang cukup berat.

Salah satu contoh masalah kesehatan kulit yang sering dialami oleh orang orang adalah kulit kering dan gatal. Meski secara umum gangguan kulit kering dan gatal ini termasuk cukup ringan akan tetapi dalam kondisi tertentu bisa cukup mengganggu penampilan maupun aktivitas kita. Bahkan pada beberapa kasus kulit kering dan gatal yang dibiarkan bisa saja menjadi parah dan cukup berbahaya.


Biasanya gangguan kulit yang satu ini ditandai dengan kulit yang menjadi pecah pecah dan kering. Kemudian setelah beberapa waktu akan timbul rasa gatal pada kulit tersebut.


 Penyebab Kulit Kering dan Gatal


Penyebab kulit kering dan terasa gatal sendiri sebenarnya bermacam macam. Namun secara umum ada beberapa sebab utama kenapa kulit kita menjadi kering dan terasa gatal. Beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Faktor Lingkungan

Salah faktor yang bisa menyebabkan gangguan kulit kering pada manusia adalah faktor lingkungan. Misalnya saja lingkungan dengan temperatur yang cukup panas ataupun kotor dan berdebu. Lingkungan yang panas tentunya akan menjadikan kulit menjadi kering. Sementara kondisi kotor dan berdebu bisa saja menyebabkan kulit terasa gatal. Apalagi jika di lingkungan yang kotor dan berdebu tersebut ada tungau yang bisa mengiritasi dan menjadikan kulit gata.


2. Gaya Hidup Tidak Sehat

Penyebab lain dari kulit kering dan gatal ini adalah karena gaya hidup yang tidak sehat. Beberapa gaya hidup tidak sehat yang mempengaruhi kesehatan kulit  antara lain adalah merokok. Hal ini karena orang yang merokok aliran darahnya tidak normal yang akan mempengaruhi kondisi kesehatan kulit.


3. Salah Menggunakan Produk Perawatan Kulitb

Penyebab lain dari kulit kering adalah karena kita menggunakan produk perawatan kulit secara sembarangan bai dalam hal jenis maupun banyana.


Cara Mengatasi Kulit Kering dan Gatal

Karena gangguan kesehatan berupa kulit kering dan gatal ini bisa sangat mengganggu maka akan lebih baik kita berupaya untuk mengatasinya. Adapun beberapa cara untuk mencegah ataupun mengatasi kulit kering misalnya adalah:


1. Menjaga Kebersihan

Salah satu upaya mudah yang bisa kita lakukan agar kulit tetap sehat terbebas dari berbagai gangguan adalah dengan menjaga kebersihan baik itu kebersihan lingkungan maupun kebersihan kulit itu sendiri. Untuk menjaga kebersihan kulit bisa dilakukan dengan mandi secara teratur setidaknya  2 kali sehari menggunakan sabun yang sesuai.


2. Mengubah Pola Hidup

Hal lain yang bisa kita lakukan untuk mencegah kulit kering adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian kita. Beberapa contoh penerapan gaya hidup sehat ini misalnya adalah cukup istirahat, kurangi begadang,  makan makanan yang bergizi secara teratur dan dalam porsi yang sesuai serta rajin melakukan olahraga. Dengan pola hidup sehat ini maka tubuh akan lebih prima yang secara langsung atau tidak langsung akan berpengaruh pada kondisi kesehatan kulit.


3. Pergunakan Produk Perawatan Yang Sesuai

Hal selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kulit kering dan gatal adalah dengan memilih menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai. Karena masing masing jenis kulit memiliki karakteristik yang berbeda sehingga produk perawatan yang dipakai juga tentunya tidak sama. Dan yang terpenting pastikan produk perawatan kulit tersebut sudah mendapatkan izin dari pemerintah baik itu izin BPOM maupun yang lainnya.


Comments

Popular posts from this blog

What is the Room Area and Interior Design of Porcelain Hotel Concepts?

What are the Advantages of Single Room at Raffles Hotel?

Mengatasi Gatal Gatal Karena Alergi