5 Fakta Menarik Museum Keraton Surakarta

Liburan tahun ini mau ke Solo? Apakah kamu sudah menyiapkan rencana kunjungan ke mana saja? Mau ke mana pun kamu di Solo nanti, jangan lewatkan wisata terbaik di Solo, yaitu Museum Keraton Surakarta. Selain bisa berwisata, kamu juga akan mendapatkan banyak pelajaran menarik, lho. 


Sumber: (https://www.ayosemarang.com/regional/pr-77804308/5-Fakta-Menarik-Tentang-Keraton-Surakarta)

Museum Keraton Surakarta Solo merupakan salah satu destinasi wisata yang strategis, sehingga ada banyak sekali bangunan hotel murah terbaik di Solo dan beberapa fasilitas lainnya yang bisa kamu temukan di sekitarnya. Sebelum datang ke wisata ini, kamu perlu tahu fakta menarik berikut:


Fakta Menarik Museum Keraton Surakarta


  1. Beberapa Kali Pindah Tempat

Fakta pertama yang perlu kamu ketahui tentang tempat bersejarah ini adalah perpindahan tempat beberapa kali. Ya benar, Keraton Surakarta sempat berpindah lokasi di zaman dahulu sebelum saat ini berada di pusat Kota Solo. Lokasi perpindahannya cukup banyak, mulai dari Kotagede, kemudian Plered, Kartasura, dan juga Desa Sala. 


  1. Bentuk Fisik Mirip dengan Keraton Yogyakarta

Jika dilihat dari bentuk fisiknya, Museum Keraton Solo memiliki bentuk bangunan yang sama persis dengan Keraton Yogyakarta. Hal tersebut cukup wajar, karena memang kedua keraton tersebut dibuat oleh arsitektur yang sama, yakni Pangeran Mangkubumi alias Sultan Hamengkubuwono I. 

  1. Harus Ditemani Pemandu

Berkunjung ke Museum Keraton Surakarta Solo, kamu tidak akan berjalan-jalan sendiri atau hanya bersama rombongan saja. Pasalnya, peraturan di museum ini seluruh pengunjung akan ditemani oleh pemandu yang telah disediakan selama berkeliling. 

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan kamu, karena pemandu akan memberikan penjelasan detail terkait isi museum. Bahkan kamu juga bisa mengajukan pertanyaan kepada pemandu seputar museum ini. Tenang, kamu tidak perlu membayar biaya tambahan untuk jasa pemandu, karena semua sudah include harga tiket masuk. 

  1. Dilarang Mengambil Gambar

Ada satu hal yang dilarang ketika mengunjungi Museum Keraton Surakarta, yakni tidak boleh mengambil gambar alias memotret, baik menggunakan kamera digital, smartphone, maupun alat foto lainnya. 

Tentu saja hal tersebut dikarenakan ada alasannya, karena banyak benda bersejarah di dalam museum dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

  1. Harus Berpakaian Sopan

Ketika kamu memutuskan untuk mengunjungi Museum Keraton Solo, kamu harus mengenakan pakaian yang sopan. Pasalnya, wisatawan tidak diperbolehkan menggunakan pakaian tidak sopan, terbuka, misalnya seperti menggunakan celana atau rok pendek, baju tanpa lengan, dan sejenisnya. 

Selain itu, kamu juga tidak diperbolehkan menggunakan aksesoris berupa kacamata hitam dan menggunakan sandal. Maka dari itu, sebelum datang ke sini kamu harus mempersiapkan semuanya, ya!

Selain Museum Keraton Solo, kamu masih memiliki banyak tujuan wisata ketika datang ke kota ini. Oleh karena itu, jangan hanya merencanakan satu hari saja untuk berlibur ke Solo. Buruan pesan kamar hotel dari Pegipegi via website atau aplikasi, agar mendapatkan penginapan terbaik selama di Solo. 


Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi Gatal Gatal Karena Alergi

Beberapa Contoh Konsep Desain Kolam Renang yang Menarik Untuk Diterapkan

Optimalkan Bisnis dengan Strategi Customer Engagement yang Tepat