Kelebihan dan Kekurangan Ban Semi Slick Mobil


 Jenis ban mobil di pasaran ternyata sangat beragam, dan ban semi slick mobil menjadi salah satu jenisnya. Jenis ini disebut juga dengan istilah ban botal atau ban gundul yang banyak digemari pemilik mobil dengan kebiasaan ngebut. Jenis ban ini umum digunakan untuk mobil balap, meskipun begitu bisa juga diaplikasikan ke mobil pribadi. 

Untuk pemasangannya bisa dilakukan di bengkel terpercaya yang menjadi mitra otoklix. Namun sebelum memasangnya, sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangan dari ban semi slick mobil ini. 

Apa Itu Ban Semi Slick? 

Bagi beberapa orang, istilah ban slick mungkin masih asing di telinga. Lumrah memang, karena ban jenis ini memang bukan jenis ban yang direkomendasikan ahli untuk dipasang pada mobil pribadi. Jadi, ban slick adalah ban yang memiliki alur tapak atau motif ban yang sedikit dan biasanya tidak terlalu dalam.

Motif permukaan ban yang terbatas inilah yang membuatnya disebut juga sebagai ban botak dan ban gundul. Ban jenis ini pada dasarnya umum digunakan untuk mobil balap karena tekstur permukaan yang lebih licin membuat daya cengkram ke permukaan aspal lebih maksimal. Sekaligus memungkinkan mobil dipacu dengan kecepatan tinggi tanpa slip. 

Berhubung ban semi slick mobil ini dirancang untuk mobil balap, maka pada dasarnya banyak ahli tidak menyarankan dipasang pada mobil pribadi. Sebab akan ada beberapa kekurangan yang membuat kegiatan mengemudi menjadi kurang nyaman dan bahkan kurang aman. Meskipun begitu jika sudah tahu cara pakainya, maka dijamin nyaman-nyaman saja. 

Kelebihan Ban Semi Slick

Sebagaimana yang disampaikan sekilas sebelumnya, penggunaan ban semi slick memberikan kelebihan dan kekurangan. Jika dilihat dari sisi kelebihan, pemilik mobil bisa mendapatkan beberapa poin di bawah ini: 

1. Desain ban gagah dan sporty

Jika dilihat dari segi desain ban semi slick memang belum ada tandingannya sebab memang dengan motif terbatas menjadikannya lebih gagah dan sporty. Ditambah dengan pasangan velg yang sporty juga, maka dijamin tampilan mobil semakin macho. 

2. Daya cengkram ban maksimal

Motif pada ban yang terbatas membuat ban jenis ini punya grip atau daya cengkram yang maksimal di permukaan aspal. Karakter ini membuat mobil bisa melaju kencang dengan resiko slip yang kecil. Sehingga cocok untuk pemilik kebiasaan mengebut. 

3. Cocok dengan semua kondisi medan

Sebagai ban yang memang dirancang secara eksklusif untuk mendukung lomba balapan maka ban jenis ini mampu melaju dengan baik di jalanan dengan kondisi apapun. Baik yang aspalnya mulus, berlubang, maupun jalanan belum diaspal sekalipun. 

Kekurangan Ban Semi Slick

Meskipun kaya akan kelebihan, khususnya dari segi tampilan dan daya dorongnya terhadap kecepatan mesin mobil. Namun, ban semi slick mobil juga punya beberapa kekurangan yang wajib diperhatikan. Yaitu: 

1. Suara Berisik

Alur permukaan ban yang didesain simetris dan terbatas ternyata membuat daya cengkram ke aspal kuat dan menimbulkan bunyi lebih nyaring. Ini yang membuat mobil sering berdecit saat melaju, sama seperti mobil balap. 

2. Ukuran Terbatas

Ukuran ban jenis ini sangat terbatas karena memang sejak awal ditujukan untuk mobil balap. Ukuran yang tersedia saat ini adalah profil 50 dan lebar telapak antara 195 sampai 215. 

3. Ban Cepat Aus

Motif permukaan ban yang tipis dan terbatas membuatnya mudah sekali aus sehingga masa pakainya terbatas. Apalagi jika cukup sering dipakai. 

4. Bantingan di Tikungan Lebih Keras

Minimnya motif pada permukaan ban membuat bantingan mobil di tikungan lebih keras dibanding memakai ban biasa. 

Tips Aman Menggunakan Ban Semi Slick Mobil 

Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki ban semi slick mobil, maka pastikan sudah mempertimbangkan masak-masak. Jika memang yakin tetap menggunakannya pada mobil kesayangan. Maka ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar mengemudikan mobil dengan ban jenis ini lebih aman. Berikut beberapa diantaranya: 

1. Pilih Ukuran Sesuai Tipe Mobil 

Tips pertama adalah menggunakan ban semi slick dengan ukuran yang tepat, pastikan konsultasi dulu dengan mekanik ketika melakukan modifikasi. Sebab ukuran ban jenis ini terbatas dan belum tentu sesuai dengan tipe mobil yang dimiliki. Jika memang tidak sesuai sebaiknya tidak dipaksakan karena sama saja mempertaruhkan keselamatan saat mengemudi. 

2. Minimalkan Pemakaian saat Musim Hujan 

Tips yang kedua dalam menggunakan ban semi slick mobil adalah meminimalkan penggunaan saat masuk musim penghujan. Kenapa? Sebab  meskipun daya cengkram ke aspal maksimal, tapi jika melaju di jalanan basah yang terjadi justru sebaliknya. Maka mobil kurang aman dibawa bepergian di tengah hujan. 

3. Cek Tanggal Kadaluarsa Ban 

Tips yang terakhir adalah mengecek tanggal kadaluarsa ban tersebut sebelum dibeli. Pastikan tanggal kadaluarsa masih lama dan tercantum di kode permukaan ban. Yakni setelah kode DOT dan diikuti oleh deretan empat angka. Mengapa? Sebab semakin dekat dengan tanggal kadaluarsa maka masa pakainya lebih pendek. 

Dengan melakukan beberapa tips tersebut, maka berkendara dengan  tambahan ban semi slick mobil dijamin lebih aman dan nyaman. Jadi, tidak perlu was-was selama melaju di jalanan. Asalkan sudah memberi perhatian dan perawatan yang memang sesuai. 

Bila Anda telah yakin untuk memasang ban semi slick mobil, maka dapat mengunjungi bengkel ban mobil terdekat dan terpercaya di kota Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi Gatal Gatal Karena Alergi

Beberapa Contoh Konsep Desain Kolam Renang yang Menarik Untuk Diterapkan

Optimalkan Bisnis dengan Strategi Customer Engagement yang Tepat