Mau Pilih Nama Domain Untuk Website? Perhatikan Hal Hal Berikut Ini!


Salah satu hal utama yang perlu kita perhatikan ketika akan membuat sebuah website adalah pemilihan nama domain. Dengan domain yang tepat maka kita bisa membangun brand lewat website kita. Banyak website yang sukses karena tepatnya nama domain yang mereka pilih.


Dalam pemilihan nama domain ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Ekstensi Domain

Salah satu hal utama yang sebaiknya kita perhatikan saat akan memilih domain adalah soal ekstensi yang akan kita gunakan. Seperti yang kita ketahui saat ini ada macam-macam ekstensi domain website yang bisa kita pilih sesuai dengan tujuan pembuatan website kita.

Mungkin dulu kebanyakan orang lebih memilih menggunakan gTLD seperti .com, .net, .org dan yang sejenisnya. Bahkan domain com adalah domain paling populer di dunia sampai saat ini hingga banyak orang mengasumsikan sebuah website pasti menggunakan .com. Hal ini karena domain com sangal versatile atau serbaguna dan bisa dipakai untuk berbagai jenis website entah itu untuk keperluan personal, bisnis, sosial maupun lainnya.

Namun seiring dengan perkembangan zaman banyak nama domain dari ekstensi gTLD populer tersebut sudah tidak tersedia. Sehingga orang orang perlu mencari alternatif lain. Dan salah satu alternatif yang bisa kita pakai adalah domain domain ccTLD seperti .id, .tv, .us, .in dan yang sejenisnya sesuai dengan kebutuhan dan target market website kita.

Karena kita di Indonesia dan menyasar pengunjung web dari indonesia maka menggunakan domain .id adalah pilihan sangat tepat. Apalagi saat ini masih banyak nama domain cantik dan brandable yang masih tersedia pada ekstensi domain id. Dengan begitu kita bisa memilih nama domain yang sesuai dengan brand yang kita miliki.

Kitapun sebenarnya bisa juga memilih domain ekstensi .id disesuaikan dengan jenis website yang akan kita punya. Misalnya saja akan membuat website company profile atau website perusahaan maka bisa menggunakan domain co.id. Atau untuk UMKM yang belum mampu untuk membeli domain .co.id entah karena harganya atau karena persyaratan lainnya maka bisa menggunakan domain biz.id. Sedangkan untuk keperluan personal kita bisa memakai domain web.id atau my.id yang harganya tergolong murah saat ini. Untuk keperluan pendidikan bisa memakai sch.id untuk sekolah serta ac.id untuk perguruan tinggi.

Namun yang juga patut untuk kita perhatikan sebaiknya kita menghindari menggunakan ekstensi ekstensi domain seperti domain .tk, .cf, .ga, .ml dan yang sejenisnya. Karena meski umumnya domain tersebut gratis namun domain tersebut terkenal sebagai domain spammy yang reputasinya buruk di mesin pencari. Dan orang orang kemungkinan akan kurang mempercayai website kita jika kita menggunakan domain gratisan tersebut.

Panjang Domain

Hal selanjutnya yang uga perlu kita perhatikan saat memilih nama domain adalah soal panjang pendeknya. Akan lebih baik kita memilih nama domain yang tidak terlalu panjang. Selain mudah diingat nama domain yang pendek juga lebih efisien.

Hindari Penggunaan Tanda Hubung Maupun Angka

Kecuali brand offline kita memang menggunakan hal tersebut sebaiknya kita hindari penggunaan kedua hal tersebut. Penggunaan tanda hubung - maupun angka dalam domain selain memperbesar resiko typo dan salah ketik nama domain ketika kita mengunjunginya langsung juga  relatif tidak readable dan tidak mudah diingat. Hal ini menyebabkan nama domain tersebut kurang tepat untuk branding.

Pastikan Bebas Hak Cipta

Pastikan kita memilih domain yang tidak mengandung kata, frasa ataupun hal lain yang merupakan trademark dari pihak lain. Salah salah jika kita melakukan hal tersebut kita akan berurusan dengan masalah pelanggaran hak cipta.

Bayangkan saja jika website yang sudah kita bangun bertahun tahun dan sudah terkenal tiba tiba harus tutup atau ganti domain karena domain yang kita pakai merupakan trademark dari orang lain. Tentu banyak kerugian yang kita derita dari hal tersebut. Belum lagi jika harus ada denda yang kita perlu bayar.

Dalam hal trademark nama domain ini memang sedikit rumit, tak hanya yang sama saja bahkan yang beda beberapa huruf saja bisa kok kita digugat oleh pemegang merek dengan alasan cybersquatting.

Pastikan Domain Tidak Terkena Internet Positif

Mungkin saja kita sudah menemukan nama domain yang bagus dan tidak melanggar hak cipta dari pihak lain akan tetapi belum tentu domain tersebut benar benar aman. Kita masih perlu melakukan pengecekan lebih lanjut. Misalnya saja apakah domain tersebut diblokir kominfo melalui internet positif atau tidak. Karena bisa saja domain tersebut adalah expired domain yang sebelumnya digunakan untuk web yang melanggar peraturan pemerintah. Untuk pengecekan hal ini kita bisa melakukannya melalui web trust positif dari kominfo.

Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi Gatal Gatal Karena Alergi

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sport yang Perlu Anda Ketahui

Aneka Kerajinan Plastik Bekas yang Bernilai Ekonomi