Jawaban Anies Baswedan Soal Penebangan Pohon di Monas : Dipindahkan Sesuai Aturan


Upaya revitalisasi Monas di masa kepemimpinan Anies Baswedan beberapa tahun yang lalu sempat menjadi sorotan publik. Salah satu sebabnya karena adanya penebangan terhadap 190 pohon yang ada di bagian selatan. Banyak yang menuding bahwa penebangan pohon ini terkait dengan akan diadakannya Formula E saat itu.

Akan tetapi benarkah seperti itu kejadiannya? Anies Baswedan di acara kick andy beberapa waktu yang lalu telah melakukan klarifikasi terkait hal tersebut.


Di acara yang dipandu Andy F Noya ini Anies menerima serangkaian pertanyaan yang terkait dengan kebijakan  kebijakan yang telah ia terapkan semasa menjabat di DKI Jakarta. Termasuk juga pertanyaan tentang penebangan 190 pohon di bagian selatan monas tersebut.

Menerima pertanyaan tersebut, Anies menjawabnya dengan gamblang. Ia menyatakan bahwa penebangang 190 pohon tersebut adalah sebagai upaya untuk mengembalikan monas ke desain awal yang sesuai dengan Kepres no 25 tahun 1995. Dalam keppres tersebut desain monas mengacu pada rancangan yang didesain oleh arsitek Silaban.

Salah satu bentuk rancangan tersebut adalah, di komplek monumen nasional tugu monas terletak di tengah tengah, dan ada 4 jalan diagonal. Lalu ada bagian kosong di selatan yang bisa digunakan untuk berbagai acara dan upacara yang menghadap ke arah monas.

Namun karena selama ini bagian selatan tidak pernah dipakai kemudian ditanami lah dengan pepohonan tadi. Dan saat dilakukan revitalisasi monas 190 pohon ini ditebang untuk rencananya dipindahkan ke tempat yang seharusnya yakni bagian barat monas.

Nah saat pemotongan pohon pohon inilah terjadi kesalahpahaman. Hal ini karena waktu penebangan pohon berbarengan dengan kegiatan pengaspalan jalan di monas yang sempat direncanakan untuk formula E. Sehingga kemudian muncul banyak tudingan bahwa penebangan pohon ini dilakukan karena akan dibuat sirkuit balapan.

Hal ini tentu saja merupakan kekeliruan. Karena meski dilakukan dalam waktu yang berdekatan bahkan bisa dibilang bersamaan tetapi penebangan pohon dan pengaspalan jalan ini merupakan rangkaian pekerjaan yang berbeda sama sekali dan tidak ada hubungannya.

Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi Gatal Gatal Karena Alergi

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sport yang Perlu Anda Ketahui

Aneka Kerajinan Plastik Bekas yang Bernilai Ekonomi