Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Mengatasinya

 


Masalah pada gigi adalah masalah yang dihadapi oleh sebagian besar orang di seluruh dunia. Dari penyakit yang sifatnya ringan hingga yang berat bahkan membahayakan nyawa bisa terjadi karena gangguan kesehatan pada gigi. Salah satu diantara gangguan kesehatan gigi yang sering dialami oleh orang orang belakangan ini adalah gigi sensitif.


Gigi sensitif ini bisa ditandai dengan timbulnya rasa nyeri dan ngilu pada gigi terutama di bagian akar gigi ketika seseorang  mengonsumsi makanan makanan tertentu. Biasanya makanan yang memicu rasa ngilu ini adalah makanan makanan yang terlalu panas, dingin, manis ataupun asam.


Secara umum penyebab dari gigi ngilu ini adalah karena meningkatnya sensitivitas pada gigi akibat terbukanya lapisan tengah gigi (dentin).Dan karena terbuka ini menjadikan dentin yang terhubung dengan syaraf  menjadi lebih mudah terkena rangsangan dari luar sehingga lebih sensitif suhu atau rasa dari suatu makanan yang ditandai dengan timbulnya rasa ngilu.


Adapun yang menyebabkan terbukanya lapisan dentin ini cukup beragam. Salah satunya adalah karena lapisan enamel gigi yang menipis. Rusak dan menipisnya lapisan enamel gigi ini bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan makanan yang terlalu manis, mengandung soda dan lain sebagainya. Selain karena penipisan email terbukanya dentin juga bisa disebabkan hal lainnya, misalnya saja karena ada gigi yang patah sehingga dentinnya terbuka.


Meskipun umumnya gigi sensitif ini tidak terlalu berbahaya, akan tetapi pada kondisi tertentu gigi sensitif yang disertai dengan berlubanganya gigi bisa berlanjut menjadi masalah yang lebih serius. Misalnya saja timbulnya infeksi pada gusi dan mulut. Dan gigi sensitif yang sifatnya ringan pun sebenarnya sangatlah mengganggu karena rasa ngilu yang ditimbulkan bisa mengurangi kenikmatan kita dalam mengkonsumsi suatu jenis makanan.


Karena itu cukup penting bagi kita untuk melakukan beberapa upaya dalam rangka mencegah dan mengatasi rasa ngilu pada gigi sensitif ini. Adapun beberapa upaya yang bisa dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:


Hindari Pemicu Rasa Ngilu

Bagi para penderita gigi sensitif salah satu cara paling mudah untuk mencegah rasa ngilu pada gigi adalah dengan menghindari makanan makanan yang menjadi pemicunya. Atau kalaupun kita tidak bisa benar benar menghindari jenis makanan tersebut maka sebisa mungkin kita meminimalisir dalam mengkonsumsinya baik dari segi porsi maupun frekuensi. Dan usahakan setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang menyebabkan gigi sensitif ini kita segera menetralisirnya. Sebagai contoh setelah kita minum atau makan makanan yang rasanya terlalu asam sebaiknya segera dinetralisir dengan minum air tawar.


Menggunakan Pasta Gigi Khusus

 Dengan kemajuan teknologi yang ada kini kita bisa memilih pasta gigi yang memang dikhususkan untuk penderita gigi sensitif. Pasta gigi jenis ini biasanya mengandung zat zat tertentu yang bisa mengatasi rasa ngilu pada gigi. Misalnya saja  formula kalsium tertentu yang mampu melindungi lapisan gigi berlubang penyebab gigi terasa ngilu serta fluoride yang mampu meningkatkan kekuatan enamel gigi.

Tentu saja cara ini tidak bisa instan dalam artian kita perlu konsisten dalam penggunaan pasta gigi khusus ini dalam jangka waktu tertentu. Dan juga dalam menggosok gigi kita sebaiknya tidak terlalu keras karena dikhawatirkan justru bisa merusak enamel gigi.


Memilih Obat Kumur yang Sesuai

Obat kumur mungkin saja bermanfaat untuk kita. Akan tetapi salah dalam memilih obat kumur bisa saja justru memperparah gigi sensitif kita. Salah satu yang harus kita hindari dalam pemilihan obat kumur ini adalah obat kumur yang mengandung alkohol karena obat kumur jenis ini bisa meningkatkan sensitivitas gigi.


Konsultasikan Ke Dokter

Jika berbagai cara sudah kita coba dan belum ada hasilnya maka langkah terbaik yang bisa kita ambil adalah dengan berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter yang berkompeten di bidangnya. Dengan melakukan hal ini kita akan mendapatkan solusi yang tepat untuk masalah gigi kita.


Comments

Popular posts from this blog

What is the Room Area and Interior Design of Porcelain Hotel Concepts?

What are the Advantages of Single Room at Raffles Hotel?

Beberapa Contoh Konsep Desain Kolam Renang yang Menarik Untuk Diterapkan