5 Cara Utama Memilih Hosting yang Tepat!



5 Cara Utama Memilih Hosting yang Tepat!

Ketika kita akan memulai sebuah website, maka ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebaik mungkin. Mulai dari pemilihan nama website, pemilihan domain, sampai yang tak kalah penting juga pemilihan hosting. Cara utama memilih hosting yang tepat buat sebagian orang masih cukup membingungkan. Apa saja sebenarnya yang harus jadi pertimbangan ketika memilih hosting terbaik? Apakah hanya melihat harganya saja? Atau apa? Berikut ini 5 cara utama memilih hosting yang tepat agar kamu tidak salah pilih!

Perhatikan Kualitas Server

Hal pertama yang wajib kamu perhatikan ketika memilih sebuah webhosting adalah kualitas servernya. Ini merupakan hal yang paling penting dan tidak boleh kamu lupa perhatikan. Jangan sampai nantinya perkembangan website kamu terhambat karena kamu salah pilih server. Salah dalam memilih server bisa berakibat banyak hal. Pertama, website jadi sulit diakses, atau masalah lain yang menghambat perkembangan usaha kamu.
Untuk melihat apakah sebuah server itu baik atau tidak, ada banyak parameter yang bisa dijadikan bahan penilaian. Pertama adalah lokasi server. Untuk tahu apakah lokasi server kamu cocok untuk website kamu atau tidak, maka kamu harus melihat dari manakah kira-kira kebanyakan pelangganmu mengakses websitemu.
Misalnya, kebanyakan pelangganmu berasal dari Indonesia, maka pilihlah website yang servernya berlokasi di Indonesia. Atau ketika pelangganmu ada di Singapura, maka sebisa mungkin pilihlah server yang berlokasi di Singapura. Pemilihan lokasi server yang tepat ini bisa membuat waktu akses website menjadi lebih cepat.
Selain lokasi, kamu juga perlu memperhatikan spesifikasi dari server yang akan dipilih. Spesifikasi ini termasuk teknologi yang digunakan di servermu, kecepatan prosesornya, kapasitas RAM, hardisk, hingga network speed. Untuk prosesor, perhatikan berapa core yang dipakai. Sementara untuk hardisk, perhatikan apakah ia menggunakan SSD atau tidak. Jika tidak, maka kemungkinan aksesnya tidak sangat cepat. Lalu untuk network speed, perhatikan angkanya. Jika semakin tinggi, maka kecepatan aksesnya akan semakin baik.
Informasi-informasi itu bisa kamu dapatkan di website penyedia layanan web hosting. Kalau kesulitan, disarankan untuk segera menanyakan pada CS.

Customer Support yang Harus 24 Jam dan Juga Berkualitas

Cara kedua untuk memilih hosting yang tepat adalah dengan memperhatikan apakah penyedia hosting tersebut punya tim customer support yang baik dan berkualitas atau tidak. Kenapa CS ini sangat penting dan jadi pertimbangan yang harus diperhatikan? Sekarang coba bayangkan kalau kamu sedang bingung dengan websitemu di jam 12 malam, atau mendekati subuh. Lalu ketika kamu menghubungi CS ternyata tidak ada yang menjawab karena mereka tidak 24 jam. Kamu sebagai pelanggan pasti akan dongkol sekali kan?
Nah, itu kenapa CS 24 jam itu sangat penting. Selain itu, percuma juga kalau sudah 24 jam tapi ia tidak mengerti persoalannya. Akibatnya ia tidak akan membantumu menyelesaikan masalah kan? Atau malah semakin membuatmu bingung. Jika itu sudah terjadi, maka sudah dipastikan kamu akan semakin dongkol. 
Jadi pilihlah penyedia hosting yang memiliki kualitas yang baik. Artinya ia punya pengetahuan yang baik, sesuai dan tahu banyak soal masalah hosting. Bukan hanya tahu banyak, tapi ia juga harus bisa membantu kamu menyelesaikan masalah kamu. Jika itu tidak terjadi, maka percuma kalau CS tahu banyak hal tapi tidak bisa membantu.  Nah, kalau kamu menemukan penyedia hosting yang memiliki CS yang baik, solutif, dan bisa membantu kamu menyelesaikan masalah per-website-an kamu, maka disarankan kamu memilih hosting tersebut.

Unlimited dan Murah

Harga adalah pertimbangan utama. Ketika kamu hendak memilih hosting, pastikan kamu mendapatkan harga terbaik. Harga yang jika kamu lihat ideal dengan paket yang mereka tawarkan. Jangan sampai kamu membayar terlalu mahal untuk paket yang tidak sesuai. Kamu bisa membandingkan harga tiap penyedia layanan hosting lho, untuk tahu apakah harga itu adalah harga yang paling murah, yang sesuai atau tidak.
Tapi ketika hendak membandingkan, usahakan membandingkannya apple to apple ya. Jangan sampai beda. Jadi ketika kamu memilih paket A misalnya, maka bandingkan juga dengan paket A dari penyedia lain yang kira-kira layanannya sama. Semakin kamu tahu banyak maka kamu semakin memiliki banyak pilihan. Dengan begitu kamu bisa memilih paket dengan harga terbaik dan layanan terbaik.
Nah, ketika kamu memilih sebuah paket, pastikan kamu memilih paket yang unlimited. Terutama bagi kamu yang baru memulai membuat website. Unlimited disini artinya kamu memiliki akses terhadap hostingmu cukup banyak atau setidaknya cukup untuk kebutuhanmu di awal-awal pembuatan website. Terlebih lagi ketika pengunjung tidak terlalu banyak. Tapi ketika kamu memiliki pengunjung yang sangat banyak, maka disarankan untuk menggunakan paket yang lebih tinggi, seperti misalnya VPS. Sehingga websitemu lebih siap untuk menerima kunjungan yang banyak sekaligus.
Intinya, perhatikan paket yang kamu pilih. Apakah layanannya unlimited dan sesuai yang kamu butuhkan atau tidak. Setelahnya, perhatikan harganya. Paling murah bukan berarti paling baik. Kuncinya adalah yang paling worth it atau sepadan.

Fitur-fitur Tambahan

Selain fitur utama yang jelas harus kamu pertimbangkan, jangan lupakan juga fitur tambahan yang diberikan oleh penyedia layanan hostingmu. Ada banyak sekali fitur tambahan yang biasanya diberikan. Karena banyaknya fitur tambahan itu, terkadang kamu malah jadi tidak fokus, malah membaca dan tidak terlalu memikirkan hal itu. Padahal kalau kamu tahu dengan baik soal fitur tambahan itu, maka secara otomatis kamu juga jadi tahu kalau fitur tambahan itu bisa kamu pakai untuk memaksimalkan performa website yang kamu miliki.
Oke, jadi biar kamu kasih tahu saja apa saja fitur tambahan yang perlu kamu tahu. Pertama adalah yang berkaitan dengan keamanan. Biasanya fitur ini menjadi salah satu fitur tambahan wajib. Perhatikan fitur keamanan yang mereka pakai. Apakah mereka menggunakan WordFence, SpamExperts, atau SpamAssassin Protection. Kalau iya, maka kamu akan sangat terbantu dalam soal keamanan website. Kalau tidak, maka kamu harus siap untuk menambahkan fitur itu sendiri. Selain itu untuk fitur tambahan lain ada juga BitNinja Smart Security yang bisa kamu pakai untuk mengamankan website dari botnet, hacker, atau juga malware.
Selain fitur keamanan, pertimbangkan juga fitur lain yang berhubungan dengan pembangunan website. Seperti misalnya website builder. Apakah kamu harus menginstall sendiri, atau mereka sudah menyediakannya?  Ada banyak lagi fitur tambahan lain yang biasanya diberikan padamu. Untuk lebih tahu, disarankan bertanya pada CSnya saja.

Nilai Dari Review dan Perhatikan Garansi

Cara terakhir memilih hosting yang tepat adalah dengan melihat testimoni dari pelanggan lain terhadap penyedia layanan hosting ini. Apakah mereka mendapatkan banyak review bagus atau sebaliknya. Ketika sebuah penyedia layanan hosting mendapatkan banyak review jelek, maka disarankan untuk tidak menggunakan layanan hosting tersebut. Karena bagaimana mau menggunakan, kan orang lain saja tidak puas dan tidak menyarankan. Masak kita masih kekeh untuk menggunakan penyedia layanan tersebut? Kan naif banget!
Lalu untuk memilih hosting yang tepat, kamu juga harus memperhatikan apakah ada garansi dari hosting yang kamu pakai. Jika ada, maka kamu akan lebih aman menggunakan hosting tersebut. Jika tidak, lebih baik pilih yang lain. Atau jika tidak ada pilihan lain, maka siap-siap menanggung resikonya ya. Untuk soal garansi, perhatikan juga apa saja yang digaransi oleh mereka dan berapa lama garansi itu berlaku.
Jadi itu beberapa cara Utama dalam Memilih Hosting yang tepat. Jadi, sudah tahu kan cara memilih hosting yang tepat? Salah satu penyedia hosting terbaik adalah IDWebhost. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa menghubungi CS IDWebhost untuk tahu berapa harga dan penawaran menarik lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

VPS Linux Murah Domainesia

Memulai Pasang Iklan di Internet Untuk Keperluan Bisnis

Kelebihan Sabun Muka Nivea Men yang Wajib Diketahui