Aneka Kerajinan Plastik Bekas yang Bernilai Ekonomi

 


Masalah sampah adalah masalah yang dialami oleh hampir semua negara di dunia termasuk di Indonesia. Dan diantara berbagai jenis sampah yang ada, sampah plastik adalah salah satu yang memiliki dampak terburuk. Sifat plastik yang tidak mudah terurai menjadikan kian hari jumlah sampah plastik semakin menumpuk. Pencemaran yang disebabkan oleh sampah plastik ini tak hanya terjadi di daratan saja akan tetapi juga di perairan termasuk juga di lautan.


Karena dampak pencemaran sampah plastik yang cukup buruk ini maka tentu kita perlu memikirkan bagaimana cara untuk mengatasinya. Mengingat waktu yang dibutuhkan untuk sampah plastik bisa terurai sangat lama bisa puluhan bahkan ratusan tahun maka membiarkan saja atau menimbun sampah plastik tentu bukan tindakan yang bijak.


Langkah terbaik mungkin saja dengan memanfaatkan sampah plastik tersebut untuk digunakan ulang. Dalam skala besar bisa saja plastik yang sudah tidak terpakai tersebut dilebur ulang untuk kemudian dicetak dan dijadikan barang barang baru.


Akan tetapi hal tersebut tentunya kurang cocok untuk diterapkan pada kasus sampah plastik dalam skala rumah tangga. Selain tidak efisien hal tersebut tidak efektif. Untuk sampah plastik dalam skala kecil misal sampah rumah tangga  dan yang sejenisnya maka salah satu cara pemanfaatan plastik yang bisa dilakukan adalah dengan membuatnya menjadi kerajinan tangan.


Dengan membuat plastik menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomi maka selain kita bisa membantu kelestarian lingkungan kita juga bisa mendapatkan penghasilan. 


Jenis kerajinan yang bisa dibuat dari plastik bekas ini jenisnya beragam tergantung jenis bahan plastiknya. Adapun beberapa contoh kerajinan plastik bekas tersebut antara lain adalah sebagai berikut:


Tas Plastik Bekas

Salah satu jenis kerajinan yang bisa dibuat dari bahan plastik bekas adalah tas. Tas plastik bekas ini bisa dibuat dari jenis plastik bekas kemasan deterjen atau yang sejenisnya. Untuk cara pembuatannya sendiri sebenarnya cukup mudah hanya saja butuh ketelatenan yang cukup tinggi. Secara ringkasnya untuk membuat tas dari plastik bekas ini yang perlu kita lakukan adalah membersihkan dan mengeringkan plastik bekas tersebut dengan dijemur  kemudian memotong motongnya dengan ukuran tertentu (misalnya 3 cm), dan kemudian potongan potongan tersebut kita anyam dan gabungkan untuk menjadi tas yang bisa dipakai di berbagai keperluan.


Meja dan Kursi Dari Botol Plastik

Kerajinan plastik bekas lain yang juga bisa bernilai ekonomi dan dijual dengan harga yang lumayan adalah kursi botol plastik. Untuk membuat kursi botol plastik ini biasanya digunakan botol air mineral kemasan ukuran 1,5 liter. Untuk membuat satu buah kursi biasanya dibutuhkan 19 buah botol bekas. Bahan lain yang juga dibutuhkan untuk pembuatan kerajinan kursi dari botol bekas ini antara lain adalah triplek bekas, kayu reng, spon ati, paku dan kain. Untuk tutorial cara pembuatannya sendiri bisa kita temukan lewat video di youtube atau di berbagai social media yang ada.

Di pasaran satu set meja dan kursi dari botol plastik ini bisa dijual dengan harga yang cukup mahal. Beberapa pengrajin bahkan bisa menjualnya dalam rentang harga jutaan.


Tikar dari Plastik Bekas

Untuk kita yang memiliki sampah bekas berupa plastik kemasan kopi sachetan dalam jumlah yang cukup besar maka bisa dimanfaatkan untuk membuat tikar plastik. Cara pembuatannya juga cukup mudah dan hampir sama dengan cara pembuatan tas plastik bekas. Di pasaran 1 buah tikar yang sudah jadi dari plastik bekas ini bisa laku dengan harga antara 50 hingga 100 ribuan.


Comments

Popular posts from this blog

What is the Room Area and Interior Design of Porcelain Hotel Concepts?

What are the Advantages of Single Room at Raffles Hotel?

Beberapa Contoh Konsep Desain Kolam Renang yang Menarik Untuk Diterapkan