Beberapa Tips untuk Mempercepat Loading Website


 Membuat website saat ini sudah semakin mudah. Karena hal ini tidak mengherankan jika banyak orang yang kemudian memanfaatkan website untuk berbagai keperluannya baik untuk urusan bisnis, politis, personal dan lain sebagainya.


Akan tetapi meski membuatnya mudah, menjadikannya sukses adalah cerita lain. Ada banyak faktor yang mempengaruhi sukses tidaknya sebuah website. Salah satunya adalah soal kecepatan website tersebut ketika diakses.


Sebuah website yang lemot tentu saja akan ditinggalkan pengunjung. Bayangkan saja kita masuk ke sebuah website untuk mencari sebuah informasi dan loading website tersebut sangat lama tentu sangat menyebalkan bukan. 


Kebanyakan orang jika menemukan website yang lemot tadi pasti tidak menunggu lama lama langsung close tab website tersebut. Hal ini selain bisa merusak reputasi website kita karena terkenal lambat juga bisa mempengaruhi ranking kita di mesin pencari. Seperti yang kita ketahui beberapa tahun belakangan ini kecepatan sebuah website menjadi salah satu ranking faktor SEO. Dengan parameter lain yang sama sebuah website yang cepat relatif lebih mudah merangking dibandingkan yang lambat. Web yang lambat diakses juga bisa menaikkan bounce rate web kita.


Untuk menjadikan website yang kita buat bisa diakses dengan cepat dan mudah ada beberapa hal yang perlu kita lakukan. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut:


Memilih Server yang Tepat





Salah satu faktor utama yang menyebabkan cepat atau lambatnya sebuah website diakses adalah server yang dipakai oleh website tersebut. Tak hanya soal lokasi dari server saja akan tetapi juga soal penyimpanan dan sumberdaya dari server itu sendiri adalah faktor penting yang mempengaruhi kecepatan sebuah website.


Server yang menggunakan penyimpanan jenis ssd apalagi NVMe tentu akan memiliki kecepatan dibandingkan dengan yang masih menggunakan hardisk biasa.


Sedangkan untuk masalah sumber daya, sebuah shared hosting yang satu server dibagi digunakan untuk beberapa user tentu saja akan memiliki kecepatan yang terbatas jika dibandingkan dengan yang menggunakan VPS atau bahkan dedicated server.


Untuk itu ada baiknya kita menyesuaikan server yang akan kita gunakan dengan besar kecilnya skala website kita. Jika kita memang serius untuk membangun sebuah website dan kemungkinan prospeknya besar maka memilih VPS adalah pilihan yang tepat. Ada beberapa pilihan paket vps yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan salah satunya adalah cloud server vps.


Atau jika kita belum begitu yakin untuk menggunakan vps entah itu karena urusan teknis atau karena sebab lainnya maka tak ada salahnya kita mencoba secara gratis terlebih dahulu. Untuk melakukan hal ini kita bisa menggunakan paket trial vps gratis dari nevacloud. Meskipun gratis spek yang ditawarkan sudah cukup mumpuni untuk kita mencoba vps tersebut. Spek dari vps gratis tersebut adalah 1vCPU, 1 GB RAM, dan 20 GB SSD. Kita bisa memakai layanan trial vps gratis ini selama 30 hari dan setelahnya bisa memutuskan untuk lanjut ke paket berbayar atau berhenti.



Pemilihan Template / Theme yang Tepat

Theme yang dipakai juga bisa mempengaruhi kecepatan website tersebut saat diakses. Theme yang ringan dan tidak terlalu banyak pernak pernik tentu saja akan lebih cepat diakses dibandingkan yang sebaliknya.

Untuk masalah theme yang ringan dan fast loading ini kita bisa dengan mudah mendapatkannya baik yang gratisan maupun yang berbayar. Apalagi jika website yang kita gunakan menggunakan wordpress maka akan semakin banyak pilihan theme fast loading yang bisa kita jadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan.


Hindari Penggunaan Add On atau Plugin Berlebihan

Untuk kita yang menggunakan cms seperti wordpress atau sejenisnya salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk mempercepat loading adalah dengan menggunakan plugin secukupnya saja. Karena semakin banyak plugin yang terpasang akan mempengaruhi kecepatan dari web kita.


Optimasikan Gambar di Website

Gambar yang terlalu besar ukurannya di website bisa memperlambat akses sebuah website. Karena itu tak ada salahnya mengompres terlebih dahulu ukuran file dari gambar yang akan kita upload ke website. Dan akan lebih baik lagi jika gambar tersebut dalam format .webp.


Itulah tadi beberapa cara sederhana yang bisa kita terapkan untuk mempercepat loading website kita. Sebenarnya selain cara di atas masih ada beberapa cara lain yang bisa kita lakukan untuk mempercepat loading web seperti dengan optimasi cache, menggunakan CDN, dan lain sebagainya.


Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi Gatal Gatal Karena Alergi

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sport yang Perlu Anda Ketahui

Aneka Kerajinan Plastik Bekas yang Bernilai Ekonomi